visitaaponce.com

Sukses Memproduksi Teater Jalasena Laksamana Malahayati, Marcella Zalianty Berharap Bisa Dijadikan Film

Sukses Memproduksi Teater Jalasena Laksamana Malahayati, Marcella Zalianty Berharap Bisa Dijadikan Film
Marcella Zalianty(Dok.Eve Candela F.)

MARCELLA Zalianty, yang telah absen dari dunia akting, kini aktif memajukan teater di Indonesia. Pada 2023, ia sukses memproduksi teater tentang pahlawan nasional wanita Indonesia Laksamana Malahayati, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-78 TNI AL RI.

Marcella mengatakan "Jadi sebenarnya ini adalah hari pertama kita menonton kembali rekam pementasan Laksamana Malahayati yang telah kita laksanakan dalam merayakan HUT TNI AL ke 78 dan sekarang kita berkumpul kembali."

"Kita juga merayakan hari kelahiran Malahayati yang telah ditetapkan di sidang PBB di UNESCO sebagai perayaan internasional," tambahnya.

Baca juga : Marcella Zalianty Perankan Laksamana Malahayati, Pelajari Logat Aceh dan Silat

Dengan demikian, Marcella berharap kisah hidup Malahayati bisa dijadikan sebuah film, sebagai bagian dalam kesenian selanjutnya.

"Dengan mengangkat tokoh Laksamana Malahayati ini kedalam platform kesenian selanjutnya, kita ingin sekali juga mengangkatnya ke dalam sebuah film," lanjutnya.

Selain itu, Marcella juga menekankan bahwa perlunya dukungan dari pemerintah Indonesia dalam mengangkat tokoh-tokoh pahlawan nasional dalam film.

Baca juga : Marcella Zalianty Sebut Jadi Produser Teater Lebih Susah Ketimbang Film

"Saya harap dalam konteks kebudayaan, pemerintah kedepannya bisa mengangkat tokoh seperti ini ke dalam film yang bisa mengangkat spirit nasionalisme, apalagi laut," ungkapnya.

Di sisi lain, Marcella berharap upayanya ini bisa terwujud dan memperkenalkan lebih banyak pahlawan Indonesia kepada masyarakat dan mengurangi ketergantungan pada film-film superhero luar negeri, seperti Marvel.

"Semoga kedepannya ada pahlawan lain. Sehingga di platform seni, masyarakat mengenal pahlawan Indonesia. Jadi masyarakat tidak menonton Marvel lagi," ujarnya.

Di masa mendatang, Marcella mengatakan semoga kisah-kisah penting lainnya seperti Ratu Kalinyamat dapat diangkat dan disampaikan kepada masyarakat melalui platform kesenian yang lebih luas lagi. Dengan demikian, nilai-nilai kepahlawanan dan semangat nasionalisme akan terus hidup dan menginspirasi generasi-generasi yang akan datang.

Dalam rangka merayakan penetapan hari kelahiran pejuang wanita asal Aceh yang bernama Keumalahayati atau Laksamana Malahayati sebagai perayaan Hari Internasional, Keana Films mengadakan private screening teater "Jalasena Laksamana Kumalahayati" di Kineforum, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, (28/6).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat