visitaaponce.com

UGM Akan Produksi Paracetamol

UGM Akan Produksi Paracetamol
UGM Science and Techno Park siap memproduksi paracetamol dan alat kesehatan.(MI/Agus Utantoro)

MELALUI UGM Science and Technopark, Universitas Gadjah Mada akan memproduksi berbagai peralatan kesehatan dan bahan baku obat-obatan. Salah satunya adalah produksi paracetamol. Wakil Rektor UGM, Paripurna Sugarda menjelaskan, paracetamol, dikenal luas di kalangan masyarakat Imdonesia namun bahan bakunya masih impor.

"Bahan baku paracetamol masih impor. Dan nilai impor itu sangat besar," kata Paripurna, Kamis (26/9).

Akibatnya dalam persaingan obat sendiri selalu dimenangkan oleh asing. Selain paracetamol, UGM siap memproduksi alat kesehatan yang akan dikembangkan  sendiri melalui pabriknya yang berada di kawasan "UGM Science and Techno Park (UGM STP)" di Purwomartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk memproduksi itu UGM bekerjasama dengan Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (Aspaki).

"Yang diproduksi itu meliputi alat sedot cairan bagi penderita hidroscepalus, ring jantung, serta alat deteksi kanker nasopharing. Pengembangan inovasi produk ini bisa sebagai subsitusi impor karena mayoritas alat kesehatan kita masih impor," tambahnya.

Kerja sama dengan asosiasi produsen alat kesehatan ini diharapkan bisa mendukung upaya UGM untuk memproduksi obat dan alat kesehatan sendiri agar bisa mewujudkan kemandirian bangsa dalam bidang kesehatan, serta mengisi kesenjangan antara industri dan kampus.

Sementara Ketua Aspaki Ade Tarya Hidayat mengapresiasi langkah  UGM menggandeng Aspaki untuk memproduksi alat kesehatan buatan dalam negeri.

baca juga: Ambon Alami Gempa Dangkal 6,8 Magnitude

Dikatakan, selama ini Indonesia termasuk tertinggal dalam urusan produksi alat kesehatan dibanding dengan negara lain. Pengadaan alat kesehatan di rumah sakit hingga kini masih bergantung dengan produk impor. Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi (PUI) UGM Hargo Utomo mengatakan ada sepuluh produk obat dan alat kesehatan yang kini dalam
proses pengajuan paten yang kemungkinan akan diproduksi melalui STP UGM.(OL-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat