visitaaponce.com

Kemenkes Kondisi 188 WNI Kru Kapal World Dream Sudah Diperiksa

Kemenkes: Kondisi 188 WNI Kru Kapal World Dream Sudah Diperiksa
WNI kru kapal World Dream naik kapal untuk dipindahkan ke KRI dr Soeharso yang difasilitasi TNI AL, di Selat Durian Kepulauan Riau.(Dok. TNI AL)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) telah memeriksa kesehatan 188 warga negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar World Dream yang dievakuasi. Seluruh WNI juga telah diambil spesimennya untuk pengujian bebas virus korona (COVID-19).

"188 WNI kemarin sudah diambil swab tenggorokan. Mungkin, mungkin sudah meluncur ke Balitbangkes," kata Terawan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang PMK, Kamis (27/2).

Terawan mengungkapkan pemeriksaan masih terus berlanjut sampai saat ini. Nantinya, hasil pemeriksaan akan diumumkan kepada publik.

"Nanti hasilnya juga kita ungkapkan. Tidak ada yang tersembunyi. Kita ungkapkan apa adanya. Kalau untuk negatif, sampai saat ini berkah dari Yang Maha Kuasa, tidak bisa dipungkiri. Orang boleh menyangsikan, tapi memang hasilnya begitu," tuturnya.

Baca juga: WNI di World Dream Diprioritaskan Karena Lebih Terancam

Hingga Rabu (26/2) kemarin, Balitbangkes telah memeriksa 134 spesimen yang berasal dari sejumlah provinsi di Indonesia. Hasil pemeriksaan, lanjut Terawan, menunjukkan pasien negatif COVID-19.

"Terakhir 26 Februari, ada 134 spesimen yang sudah kita periksa. Sampai hari ini hasilnya semua negatif," pungkasnya.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan untuk mengevakuasi 188 kru kapal pesiar World Dream. Ratusan WNI diperkirakan tiba di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, pada Jumat (28/2) besok. Proses evakuasi menggunakan mekanisme boat to boat dari Kapal World Dream ke KRI dr. Soeharso, dengan titik temu di Selat Durian, Kepulauan Riau.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat