visitaaponce.com

241 ABK Island Princess Tiba di Indonesia

241 ABK Island Princess Tiba di Indonesia
Ratusan ABK WNI Kapal Island Princess tiba di Pelabuhan JICT, Tanjung Priok.(MI/Fransisco Carolio)

SEBANYAK 241 anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) kapal pesiar Island Princess tiba di Dermaga JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta.

Ratusan ABK tiba sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (10/6), setelah dijemput pasukan TNI AL dengan menggunakan empat sea rider. Kapal Island Princess tidak bersandar tepat di dermaga, namun terparkir sekitar tiga kilometer (km) dari JICT 2 Tanjung Priok untuk alasan kesehatan.

Baca juga: 343 WNI ABK Kapal MS Roterdam Dikarantina di Hotel Jakarta

Setelah tiba di pelabuhan, seluruh ABK hanya melalui beberapa pemeriksaan ringan. Kemudian, mereka dibawa menggunakan bus ke Hotel Pullman, Jakarta Barat, untuk diisolasi ketat selama dua pekan.

Komandan Satgas Evakuasi, Brigjen TNI Hermanto, mengungkapkan rapid test dan PCR test tidak dilakukan di pelabuhan untuk mencegah kerumunan orang.

"Di dermaga ini tidak dilakukan tes. Mereka akan melaksanakan tes di hotel masing-masing. Di kapal, mereka juga sudah menjalani rapid test dan hasilnya tidak ada yang reaktif," ujar Hermanto, Rabu (10/6).

Baca juga: Pemerintah Upayakan Hak ABK WNI di Kapal Tiongkok

Kapal pesiar Island Princess membawa 241 ABK WNI yang terdiri 229 pria dan 12 perempuan. Kapal tersebut bertolak dari Amerika Serikat dan sempat berlabuh di Afrika Selatan.

Selama pandemi covid-19, sebanyak 3.500 ABK WNI sudah kembali ke Indonesia melalui jalur laut, dengan pintu kedatangan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Hingga hari ini sudah 3.500 WNI yang tiba. Kedatangan mereka terbagi dalam 13 kapal," jelas Hermano. Pemerintah memperkirakan ada sekitar 9.000 ABK WNI yang segera pulang ke Tanah Air.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat