visitaaponce.com

15 Tahun Mati Suri Festival dancEmotion Dibangkitkan Korona

15 Tahun Mati Suri Festival danc(E)motion Dibangkitkan Korona
Lukat - Dibal Ranuh(Dok Chendra Panatan)

Festival danc(E)motion 2020 telah menerima 37 film tari dari penjuru Nusantara yang bagus dan semuanya bercerita tentang "menang" atau mempunyai tema tentang Kemenangan.

Menurut Chendra Panatan, direktur festival danc(E)motion: "Momen danc(E)motion festival ini menemukan bentuk yang ‘pas’ untuk memberikan perhormatan kepada guru dan tokoh tari Indonesia: Farida Oetoyo disaat pandemi yang melanda dunia.

Festival Film Tari "danc(E)motion 2020" bangkit setelah 15 tahun tertidur dan menemukan bentuknya yang baru dalam kelahirannya kembali pada era pandemi Covid-19 oleh pelopornya Chendra Panatan, Dhani Turner dan Adella Fauzi.

"danc(E)motion" tahun ini diperkuat oleh 3 juri yang bereputasi tinggi dibidangnya. Nia Dinata adalah sutradara yang karya filmnya antara lain: Ini Kisah Tiga Dara, Arisan, Janji Joni, Ca Bau Kan dan masih banyak lagi. Nia Dinata menilai film tari dari sisi sinematografi.

Ditta Miranda, penari kebanggaan Indonesia yang berkiprah professional secara internasional di Jerman dengan dance company yang besar dan ternama: Wuppertal Tanz Theatre, dipimpin oleh koreographer terhebat: alm. Pina Bausch. Ditta  pernah menyandang gelar penari terbaik se Eropa oleh majalah tari: Tanz Aktuell. Ditta Miranda menilai dari segi tari atau koreografi.

Juri yang menilai dari segi musik adalah seorang pianis dan komposer Ananda Sukarlan. Seorang maestro dibidang musik klasik yang dikagumi secara internasional, menetap di Spanyol dan aktif konser serta produktif membuat banyak karya musik untuk piano, vokal dari karya-karya sastra, orkes dan opera.  Rapsodia Nusantara adalah salah satu karya nya yang sangat terkenal dan telah dimainkan oleh banyak pianis di dunia.

Dukungan dan kerjasama juga terjalin dalam Festival Film Tari ini. Danc(E)motion mendapat dukungan dari “Istituto Italiano Di Cultura Jakarta” direkturnya Maria Battaglia dan dari “EurAsia Dance Project International Network”, Stefano Fardelli sebagai direktur artistiknya.

Pemenang Festival Film Tari danc(E)motion 2020 adalah:

1. Film Tari Terbaik dari segi tari atau koreografi adalah LOOK FORWARD, koreografer & penari: Martina Feiertag & Dian Bokir

2. Film Tari Terbaik dari segi film atau sinematografi adalah LUKAT, disutradarai oleh Dibal Ranuh.

3. Film Tari Terbaik dari segi musik adalah RESTART, oleh komposer Nur Handayani.

4. Dan untuk Film Tari Pilihan Penonton berdasarkan jumlah likes terbanyak di IGTV dancemotionfestival.id adalah LOOK FORWARD, produksi Dimar Dance Theatre. (OL-12)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat