visitaaponce.com

LIPI Terbitkan Jurnal Edisi Khusus Demografi dan Covid-19

LIPI Terbitkan Jurnal Edisi Khusus Demografi dan Covid-19
Seorang anak bermain di samping mural bertema COVID-19 di Jakarta, Senin (27/7/2020).(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

PUSAT Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meluncurkan Jurnal Kependudukan Indonesia (JKI) edisi khusus Demografi dan Covid-19 di Indonesia.

Ketua Dewan Redaksi JKI Mita Noveria mengatakan, sejak kemunculan pandemi covid-19 pada Maret lalu, masyarakat di Indonesia mengalami kebingungan bagaimana cara bertahan dan menghadapi pandemi.

Kesimpangsiuran informasi pun turut memperparah kondisi, sebab itu, JKI memutuskan untuk menerbitkan edisi khusus yang memuat berbagai informasi terkait pandemi dari sumber-sumber yang valid.

“Penyebaran covid-19 yang cepat ini mengungkapkan bahwa kita perlu memahami bagaimana dinamika kita hidup dalam situasi pandemi. Pada saat yang sama, kajian demografi dapat membantu melihat dan memproyeksikan dampak pandemi dan konsekuensi ekonomi terhadap dinamika populasi di masa depan, karena itulah kami redaksi JKI merasa penting untuk merangkum berbagai pandangan dalam studi demografi dan sosial dalam sebuah edisi yang khusus,” kata Mita dalam peluncuran JKI edisi khusus, Kamis (6/8).

Baca juga: Pasca Covid-19, Diprediksi Energi Terbarukan akan Eksis

Dia menjelaskan, JKI edisi khusus ini berisi kumpulan artikel pendek yang diseleksi dari 50 menjadi 20 artikel. Latar belakang para penulisnya pun sangat bervariasi, dari beragam keilmuan dan institusi hampir di seluruh wilayah geografis di Indonesia.

Beberapa artikel yang dimuat di dalam jurnal edisi khusus ini antara lain Penanggulangan Covid-19 dalam Kerangka Teori Kependudukan Malthius, Dampak Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Gender di Indonesia, Produktivitas Selama Work From Home, Mempersiapkan Ketahanan Keluarga Selama Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19, dan masih banyak lagi.

JKI merupakan jurnal yang bersifat peer review yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Kependudukan LIPI dua kali dalam setahun yakni pada Juni dan September.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat