visitaaponce.com

Sambut HGN2020, Prodi Pend Biologi UKI Bahas Keanekaragaman Hayati

Sambut HGN2020, Prodi Pend Biologi UKI Bahas Keanekaragaman Hayati
(DOK PRODI Pendidikan Biologi UKI)

“Kearifan lokal perlu kita perjuangkan agar ekosistem kita tetap terjaga dan perlu ada peraturan dari pemerintah dan norma masyarakat untuk menjaganya. Kita perlu menjaga alam mulai dari kita sendiri agar eksosistem tetap seimbang, “ tutur Dekan FKIP UKI, Dr. Drs. Sunarto, M.Hum, dalam Kuliah Umum ‘Biodiversitas Daerah Tropis dan Permasalahannya’. Kuliah umum ini digelar secara virtual oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UKI, pada tanggal 19 November 2020, dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional (HGN) 2020.

Dr. Sunarto mengingatkan bahwa keanekaragaman hayati memiliki manfaat yang besar terutama sebagai penopang hidup terutama dalam hal pangan, papan, dan kesehatan. Contohnya orang Kalimantan yang menggunakan pacet untuk pengobatan. Namun menurut Dr. Sunarto, manusia tidak boleh mengeksploitasi keanekaragaman hayati untuk menjaga keseimbangan ekosistemnya.

Dr. Yetty Hastiana, M.Si dari FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang juga berpesan agar dosen sebagai media perantara pengenalan biodiversitas kepada anak didik melalui metode pembelajaran yang menarik. Diperlukan strategi yang baik dan kesadaran dari masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati bagi generasi selanjutnya.

Selanjutnya pada 20 November 2020 dilakukan Wokrshop online Biosketching dengan tema ‘Menyapa Alam lewat Seni Biosketching’. Workshop ini dibawakan oleh Dr. Ichsan Suwandi dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Menggambar tumbuhan dapat membuat orang dengan mudah mengenali tumbuhan dari bagian-bagian tumbuhan. Bio sketching membuat kita bisa memahami morfologi dari spesies tersebut, karena gambar yang baik bisa kita dapatkan jika kita memahami morfologi spesies tersebut,” jelas Ilustrator botanical ini.

“Flora dan fauna adalah bagian penting dari alam yang perlu dijaga dan dilestarikan, karena itu merupakan bagian ekosistem yang harus dijaga. Bio sketching adalah ekspresi cinta kita kepada keanekaragam hayati, “ tambah Dr. Ichsan Suwandi.

Seluruh peserta workshop dapat mencoba praktik langsung menggambar dengan mengikuti video tutorial di di Youtube FKIP UKI HEBAT dengan tautan link https://youtu.be/ua2TDLzed64

Selamat Hari Guru Nasional!
(OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat