visitaaponce.com

Sandiaga Dangdut Penuhi Syarat jadi Warisan Dunia

Sandiaga : Dangdut Penuhi Syarat jadi Warisan Dunia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno(Antara/Galih Pradipta)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menilai persayaratan genre musik dangdut menjadi warisan dunia sudah lengkap. Hal itu dikemukan dirinya saat bertemu dengan Persatuan Artis Melayu Indonesia, Selasa (30/3).

"Intangible cultural heritage dari Indonesia yang telah ditetapkan UNESCO itu mulai tahun 2008 itu keris, wayang, batik, angklung, Tari Saman, noken Papua, pencak silat, pantun. Ini kelihatanya dangdut sudah mencapai semua syaratnya (warisan dunia)," kata Sandiaga dalam unggahan di media sosialnya, Selasa (30/3).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menjabarkan, syarat yang dianggap dipenuhi dangdut sebagai warisan dunia ialah karena merupakan identitas budaya dari satu atau lebih komunitas budaya.

Syarat berikutnya, yakni pengusulan menjadi warisan dunia harus dilakukan komunitas dan ketiga memiliki satu maestro yang masih aktif. Sandiaga pun mencontohkan keberadaan pedangdut ternama Raden Haji Oma Irama atau dikenal Rhoma Irama.

Baca juga : Mustika Ratu Dukung Pertemuan Ilmiah Tahunan PDHMI

"Syarat berikutnya sudah diwariskan lebih dari satu generasi atau minimal berusia 50 tahun," kata Menparekraf. 

Hadir dalam pertemuan tersebut, Raja Dangdut Rhoma Irama menegaskan, musik dangdut adalah identitas Indonesia. Menurutnya, orkes melayu banyak terinspirasi dari musik India. 

Lalu, dia mengaku merevolusi orkes tersebut menjadi genre yang banyak digemari dan menjadi hiburan bagi masyarakat di Tanah Air. 

"Saya melalukan revolusi, saya bisa bertanggung jawab, siap memberikan argumen bahwa dangdut is Indonesia. Saya merasa betul, saya merevolusi orkes melayu menjadi dangdut menjadi genre yang baru," jelas Rhoma. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat