visitaaponce.com

Banyak Pelari Muda Mulai Berlari, Nggak Hanya di Kota-Kota Besar

Banyak Pelari Muda Mulai Berlari, Nggak Hanya di Kota-Kota Besar
Press Conference Gelaran Pocari Sweat Run Indonesia 2024, Melati Glass House, Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta, Minggu (26/5).(MI/ASTRI NOVARIA)

GELARAN Pocari Sweat Run Indonesia 2024 di tahun ke-11 ini akan dilakukan di Bandung. Berbeda dengan tahun sebelumya, acara lari kali ini akan dilakukan selama 2 hari pada 20 - 21 Juli di Bandung. Puspita Winawati selaku perwakilan dari Pocari Sweat mengatakan sebagai event lagi hybrid terbesar di Indonesia yang menargetkan 30.000 pelari di tahun 2024 ini.

"Nah, yang menarik pelari baru hampir 40% yang ikut di tahun ini. Banyak newbie runner dan secara demografi banyak pelari muda yang mulai berlari. Kita senang sekali animo berlari ini tidak hanya di kota-kota besar, di kota kecil juga banyak," ujar Wina di Melati Glass House, Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta, Minggu (26/5).

Untuk itu, sambung Wina, penguatan ekosistem #saferunning demi menciptakan pengalaman berlari yang aman dan nyaman, selalu menjadi prioritasnya sejak awal POCARI SWEAT Run diadakan. Adapun, ekosistem #saferunning adalah segala hal yang berkaitan dengan cara berlari yang aman dan terkait dengan keselamatan pelari, mulai dari materi edukasi, penyediaan hidrasi yang diperlukan sejak persiapan latihan lari, ketika berlari, hingga setelah berlari.

Baca juga : Lari Jarak Pendek dan Manfaatnya bagi Tubuh

“Tentunya kami sepakat bahwa edukasi #saferunning menjadi prioritas untuk selalu diingatkan kepada pelari. Tidak hanya soal kesiapan fisik melalui latihan, menjaga hidrasi, fasilitas medis yang membantu menjaga keselamatan pelari, tapi juga harus bisa mengukur kekuatan diri sendiri," paparnya.

Gelaran Pocari Sweat Run Indonesia 2024 ini akan menghadirkan konsep lari secara hybrid dengan melibatkan total 30.000 pelari. Untuk kegiatan virtual akan dilakukan serempak tanggal 21 Juli di seluruh Indonesia dengan berkolaborasi dengan komunitas lari setempat di ratusan kota di seluruh Indonesia. Registrasi POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 virtual masih akan terus dibuka hingga 15 Juli 2024.

Tiga kementerian juga mendukung acara ini, antara lain Kementerian Pariwisata dan Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Kementerian Kesehatan untuk memperkuat ekosistem #saferunning yang telah digaungkan POCARI SWEAT sejak 11 tahun lalu.

Baca juga : Pentingnya Peran Tim Medis di Lomba Lari

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang ditetapkan Presiden Jokowi adalah dengan menghasilkan total 1,5 milyar pergerakan wisatawan. Pilar Sport Tourism diharapkan menjadi lokomotif programnya. POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 dengan konsep hybrid dan juga kolaborasi dengan ratusan kota di seluruh Indonesia untuk berlari bersama komunitas, bakal punya peranan yang signifikan untuk membantu potensi Sport Tourism yang nilai ekonominya bisa mencapai Rp 19 triliun.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Maria Endang Sumiwi, menyebutkan data bahwa 25% penduduk Indonesia aktif berolahraga. Meskipun demikian, ia melihat ada effect domino yang positif. 

"Kalau kita mulai olahraga, mulai aktivitas fisik, nantinya makanannya mulai diperhatikan. Kemudian check up kesehatan. Jadi efek kesehatan akan meningkat. Ada satu data menunjukkan ketika satu orang di keluarga ada yang berolahraga, keluarga lain akan ikutan," paparnya.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin juga menyampaikan apresiasinya. Menurutnya, event seperti ini akan memberikan dampak positif yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi, dan pariwisata di Jawa Barat.

"Kami harap kegiatan POCARI SWEAT Run Indonesia kedepannya bisa menjadi ajang selebrasi warga Bandung, dan membuka daerah wisata lainnya di Jawa Barat”," pungkasnya. (Nov)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat