visitaaponce.com

Garda Pemuda NasDem Minta Nadiem Makarim Tegur Bawahannya

Garda Pemuda NasDem Minta Nadiem Makarim Tegur Bawahannya
KH Hasyim Asy'ari.(DOK Elang Prince. )

BARU-baru ini publik menyoalkan hilangnya nama pelopor Revolusi Jihad sekaligus tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari dalam Kamus Sejarah Indonesia Jilid I. Sekjen Garda Pemuda NasDem Moh. Haerul Amri turut menyoroti keteledoran Kemendikbud atas kejadian tersebut.

"KH Hasyim Asy'ari ialah sosok yang memilki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tak masuknya nama KH Hasyim Asy'ari merupakan keteledoran Kemendikbud yang sangat fatal. Mau jadi apa bangsa kita kalau pejabat di level Kemendikbud saja lalai terhadap peran pahlawannya?" kata M Hairul Amri melalui keterangan resmi, Kamis (22/4).

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan klarifikasi atas kejadian ini. Dia menjelaskan bahwa tidak ada niat menghapus nama KH Hasyim Asy'ari dalam buku yang dirancang Kemendikbud dan akan merevisinya. Aam--sapaan akrab Moh. Haerul Amri--meminta kepada Mendikbud untuk menegur bawahannya agar kejadian semacam itu tidak terjadi lagi.

Baca juga: Belum Siap Edar tapi Kamus Sejarah Indonesia Punya ISBN

 

"Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan harus menegur Dirjen Kebudayaan Hilman Farid. Sebab, keteledoran yang dilakukannya bukan hanya berdampak pada Kemendikbud tetapi juga berefek pada sejarah bangsa," tegas pria yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Hasyim, Karawang.

Selain itu, dia juga mendorong kepada DPR untuk meminta keterangan Nadiem Makarim untuk disampaikan kepada publik sekaligus menuntut langkah-langkah strategis yang akan dilakukan sang Menteri untuk menyelesaikan masalah dimaksud. Aam yang juga Wakil Ketua Umum PP GP Ansor meminta kepada DPR agar sesegera mungkin memanggil Nadiem Makarim untuk diminta penjelasan rinci tentang hilangnya sejarah KH Hasyim Asy’ari tersebut. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat