visitaaponce.com

Belum Siap Edar tapi Kamus Sejarah Indonesia Punya ISBN

Belum Siap Edar tapi Kamus Sejarah Indonesia Punya ISBN
Kamus Sejarah Indonesia Jilid II.(DOK Tokopedia.)

ADA lagi keanehan soal penerbitan Kamus Sejarah Indonesia Jilid I dan Jilid II. Ini karena International Standard Book Number atau ISBN untuk buku itu sudah terbit.

Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri melihat keanehan itu  yang katanya akibat ketidaksengajaan pihak Direktorat Sejarah Kemendikbud. "Bagaimana bisa, katanya belum siap diedarkan, tapi kok sudah terbit ISBN?" kata politikus PKS itu menanggapi polemik tersebut di Kamis (22/4).

ISBN atau angka standar buku internasional adalah kode pengidentifikasian terdiri atas deretan angka 13 digit yang bersifat unik. Ia menjadi pembeda dengan ISBN pada buku lain. ISBN berisi informasi tentang judul, penerbit, dan kelompok penerbit.

Baca juga: Kontroversial, Kamus Sejarah Indonesia Beredar di Toko Daring

 

Menurut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Perbukuan Pasal 30 ayat f menyebut penerbit berkewajiban mencantumkan angka standar buku internasional (ISBN). Pasal 48 ayat b menyebut buku baru dapat diterbitkan setelah mencantumkan angka standar buku internasional (ISBN) sebagaimana Pasal 30 ayat f tersebut.

"Hal ini menunjukkan Kamus Sejarah Indonesia Jilid I dan Jilid II sudah siap terbit, bukan tidak disengaja atau masih naskah," imbuh Fikri menyindir pernyataan Kemendikbud sebelumnya.

Dalam halaman utama Kamus Sejarah Indonesia tercantum informasi nama-nama pengarah, narasumber, editor, pembaca utama, penulis, penerbit, dan lain-lain.  Sebagai pengarah tercantum Hilmar Farid (Direktorat Jenderal Kebudayaan) dan Triana Wulandari (Direktur Sejarah). Tercantum sebagai penerbit ialah Direktorat Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan nomor ISBN:  978-602-1289-76-1. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat