visitaaponce.com

Begini Cara Menghitung Berat Badan yang Benar

Begini Cara Menghitung Berat Badan yang Benar
Ilustrasi(Antara)

SETIAP orang memiliki berat badan yang berbeda-beda. Badan ideal dinilai menjadi impian kebanyakan orang. Memiliki berat badan ideal bukan soal mengikuti standar kecantikan yang superfisial. Melainkan, memiliki berat badan ideal merupakan perwujudan upaya untuk memiliki tubuh yang sehat.

Lalu, bagaimanakah cara yang tepat untuk menghitung berat badan yang ideal? Berikut adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi badan yang dilansir dari Halodoc.

Cara pertama ialah Anda bisa lakukan untuk menghitung berat badan ideal adalah dengan menggunakan rumus Broca. Rumus yang ditemukan oleh Paul Broca ini membedakan cara penghitungan antara pria dan wanita. Hal ini disebabkan karena pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda.

Baca juga : Warga Akui Rasa AMDK yang Segar dan Terjangkau

Meskipun pria dan wanita memiliki cara yang berbeda dalam menghitung berat badan ideal, tetapi rumus ini tidaklah rumit.

Berikut adalah rumus menghitung berat badan ideal:

Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen].

Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen].

Baca juga : Setelah Libur Panjang, Saatnya Medical Check Up

Misalnya untuk pria, jika kamu memiliki tinggi badan 170 sentimeter, cara menghitungnya adalah (170-100)-[(170-100)x10%], 70-7= 63. Jadi, berat badan ideal kamu adalah 63 kilogram.

Sedangkan, jika kamu seorang wanita dengan tinggi badan 158, cara menghitungnya adalah (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8,7= 49,3. Jadi, berat badan kamu adalah 49,3 kilogram.

Cara lainnya untuk menghitung berat badan adalah dengan Kalkulator BMI (Body Mass Index), yang merupakan cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan.

Baca juga : Ini Tips Menunda Andropause

Berbeda dengan cara perhitungan sebelumnya yang membedakan cara perhitungan pria dan wanita, BMI dibedakan berdasarkan usia. Kalkulator BMI (yang juga menjadi salah satu fitur di aplikasi Halodoc) dapat digunakan oleh seseorang yang sudah berusia 20 tahun atau lebih. Nah bagi mereka yang berusia di bawah 20 tahun, ada cara lain untuk menghitungnya.

Sebelum mencoba kalkulator BMI, ada baiknya mengetahui beberapa keterangan mengenai perhitungan ini. Di antaranya, yakni angka BMI normal berada pada kisaran 18,5-25. Jika angka BMI melebihi 25, kamu memiliki berat badan berlebih. Sedangkan, jika angka BMI berada di bawah 18 berarti berat badanmu kurang.

Jika angka BMI sudah melebihi angka 40, sebaiknya dilakukan penanganan secepatnya karena angka ini menunjukkan tanda bahaya.

Baca juga : Ingin Tahu Berat Badan Anak? Timbang Saat Berpakaian Minimal

Cara menghitungnya berat badan:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter). Sebagai contohnya, jika berat badan kamu 47 kilogram dan tinggi badan 1,63 meter, nilai BMI kamu adalah 47:(1,63)= 17.8. Berarti, berat badan Anda termasuk di bawah rata-rata. (OL-13)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat