visitaaponce.com

IDAI Ajak Asia Pasifik Tingkatkan Imunisasi Anak Saat Pandemi

IDAI Ajak Asia Pasifik Tingkatkan Imunisasi Anak Saat Pandemi
Petugas medis melakukan penyuntikan imunisasi kepada seorang balita.(Antara)

IKATAN Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengajak Asia Pasific Pediatric Association (APPA) untuk saling membantu dalam upaya meningkatkan imunisasi anak di masa pandemi covid-19. 

Pasalnya di masa krisis, negara-negara Asia Pasifik mengalami masalah yang sama, yakni tidak tercapainya target imunisasi anak.

Baca juga: Akibat Pandemi Covid-19, Cakupan Imunisasi Dasar Menurun

"Kita perlu membuat kolaborasi data. Kita publish dan share ke negara lain. Harus saling membantu," ujar Ketua Umum IDAI Aman B. Pulungan dalam konferensi virtual, Kamis (29/4).

Menurut dokter spesial anak itu, capaian target imunisasi sejumlah penyakit saat ini telah terdisrupsi pandemi covid-19. Diketahui, kasus covid-19 terjadi hampir di semua negara. Padahal, imunisasi anak sangat penting untuk mencegah risiko terpapar berbagai penyakit.

Sebagai wilayah yang paling besar di dunia, Asia Pasifik tentu mengalami persoalan yang lebih kompleks. Apalagi, negara-negara di kawasan tersebut mayoritas merupakan negara berkembang, dengan sistem kesehatan yang belum secanggih negara maju.

Baca juga: Perlukah Anak-anak Divaksin? Ini Kata Para Ahli

"Ini adalah pekerjaan rumah kita. Asia Pasifik itu region terbesar. Maka kerja sama menjadi solusi terbaik," pungkas Aman.

Pihaknya meyakini kekuatan kolektif Asia Pasifik bisa mengatasi berbagai masalah di masa pandemi. "Tidak ada yang selamat bila satu orang tidak selamat. Tidak ada yang selamat bila ada anak yang belum diimunisasi," imbuhnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat