visitaaponce.com

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai, Satgas Tetap Patuhi Prokes

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai, Satgas: Tetap Patuhi Prokes
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada karyawan mal dan pekerja tenant di Lippo Mal Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (7/5/2021).(ANTARA/Umarul Faruq)

Pelaksanaan Program Vaksinasi Gotong Royong yang dimulai Selasa (18/5) mendapat apresiasi dari berbagai pihak termasuk pemerintah. Pasalnya vaksinasi yang diinisasi pihak swasta itu menjadi kontribusi penting untuk mempercepat target herd imunity.

Juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa program tersebut merupakan bentuk dukungan dunia usaha Tanah Air. Kolaborasi pemerintah, swasta dan masyarakat akan mempercepat cakupan vaksinasi nasional.

Meski demikian, dia meminta agar vaksinasi harus dijalankan bersamaan dengan penerpana protokol kesehatan. Karyawan yang sudah divaksin tidak boleh lengah atau mengabaikan protokol kesehatan.

Baca juga: Polres OKI Gunakan Pemeriksaan Covid-19 Dengan GeNose-19

"Ya, ini mendukung percepatan cakupan vaksinasi, tapi ingat harus tetap dibarengi protokol kesehatan walau sudah divaksin," ungkapnya kepada Media Indonesia, Selasa (18/5).

Dengan mematuhi protokol kesehatan, maka program vaksinasi pun akan berdampak efektif dalam mengurangi jumlah kasus. Begitu pula herd imunity bisa dicapai dengan jumlah kasus yang terkendali.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan 19 perusahaan sudah mulai melaksanakan program vaksinasi covid-19 Gotong Royong hari ini. Belasan perusahaan tersebut bergerak di sektor manufaktur.

"Hari ini saya mengunjungi PT Unilever Indonesia Tbk yang bersama-sama dengan 18 perusahaan telah memulai vaksinasi gotong royong," ucap Jokowi dalam Peninjauan Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong untuk Pekerja di Kabupaten Bekasi, Selasa (18/5).

Selain Unilever Indonesia, beberapa perusahaan lain yang menyelenggarakan vaksinasi gotong royong adalah Asia Pulp and Paper (APP Sinar Mas) dan PT Chandra Asri Petrochemical.

Perusahaan-perusahaan tersebut memberikan vaksin secara gratis kepada seluruh karyawannya. Hal ini merupakan bentuk kerja sama sektor swasta dengan pemerintah.

"Kami harapkan vaksinasi gotong royong ini bisa mempercepat proses vaksinasi yang dilakukan," kata Presiden.(H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : HUMANIORA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat