visitaaponce.com

Polres OKI Gunakan Pemeriksaan Covid-19 Dengan GeNose-19

Polres OKI Gunakan Pemeriksaan Covid-19 Dengan GeNose-19
GeNose-19(ANTARA)

PENGOPERASIAN posko penyekatan di Sumatera Selatan diperpanjang hingga 31 Mei 2021. Hal ini sebagai upaya penghalau pemudik demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumsel.

Karena penyekatan masih berjalan, Kepolisian Resor Ogan Komering Ilir pun mendapatkan bantuan alat GeNose-19 dari RS Bhayangkara Palembang, sebagai langkah untuk memaksimalkan pendeteksian Covid-19 dan implementasi program prioritas Kapolri dalam penanganan Covid-19. Alat GeNose tersebut disiagakan di Pos Penyekatan exit tol Kayuagung-Palembang yang digunakan sebagai pemeriksaan bagi pengendara yang melintas.

Kapolres OKI, AKB Alamsyah Pelupessy, menjelaskan sebanyak 200 lebih pengendara telah dilakukan tes GeNose di lokasi. Sebagaian besar tes yang dilakukan hasilnya negatif. "Untuk yang positif dilakukan tes berikutnya dengan menggunakan rapid tes antigen namun dari hasil pemeriksaan hari ini semuanya negatif," ujar dia, Selasa (18/5).

Ia menyebutkan, pengendara yang telah melalui tes akan mendapatkan surat keterangan, surat tersebut menjadi syarat dan bisa ditunjukkan ke petugas di pos penyekatan berikutnya. "Contohnya untuk tujuan Kota Palembang bisa ditunjukkan di pos yang ada di Keramasan ataupun Kertapati," katanya.

Ia menjelaskan, hasil tes GeNose berlaku selama 1 x 24 jam. Tidak hanya memberlakukan tes deteksi dini Covid-19, Alamsyah juga memberikan penekanan bagi para pengendara yang hendak mudik untuk tetap memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan.

"Demi memutus penyebaran Covid-19 sebaiknya kita jangan melakukan mudik dan andaikan harus terpaksa melakukan mudik dengan berbagai alasan. Maka harus melengkapi persyaratan sesuai yang ditentukan. Kita di pos ini siap untuk melakukan pemeriksaan secara intensif dan ketat baik dari masalah kesehatan maupun kendaraan bermotor," pungkasnya. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat