visitaaponce.com

Bayi Orangutan yang Lahir di Gembira Loka Zoo Makin Sehat

Bayi Orangutan yang Lahir di Gembira Loka Zoo Makin Sehat
Bayi orangutan yang lahir di GL Zoo, Yogyakarta.(Twitter)

SATU individu orangutan lahir di Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Yogyakarta. Kelahirannya disambut dengan gembira.

"Balai KSDA Yogyakarta @bksdajogja mengapresiasi keberhasilan manajemen GL Zoo dalam upaya perlindungan, penyelamatan, dan pelestarian satwa dilindungi," ujar Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Yogyakarta, Muhammad Wahyudi dikutip dari Twitter @KementerianLHK, Minggu (13/6).

Bayi orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) itu lahir pada 4 Juni 2021 dini hari dengan berat badan 1,57 kilogram dan kini telah meningkat menjadi 1,61 kilogram.

"Pasca dilakukan hand-rear, terpantau kondisi induk normal. Bayi orangutan juga terpantau dalam kondisi baik dengan suhu tubuh stabil, serta lancar meminum susu 150-160 ml/hari sesuai berat badannya. Saat ini bayi orangutan telah mengalami kenaikan berat badan menjadi 1,61 Kg," tulis KLHK.

Sebelumnya, KLHK menyebut bahwa dua hari pasca kelahiran, pada bayi orangutan dilakukan hand-rear (rawat manusia). Pasalnya induk orangutan belum mau melakukan aktivitas menyusui bahkan cenderung berperilaku menjadi agak agresif di malam hari.

Petugas pun berupaya melakukan training agar induk mau mendekat dan menyusui. Namun karena belum ada pergerakan dari induk untuk menyusui anaknya, maka dilakukan pemberian susu oleh petugas kepada bayi orangutan dan selanjutnya secara berkala diberikan susu setiap 3 jam.

Adapun, proses urinasi dan feses bayi orangutan terpantau lancar. Pengamatan terhadap kondisi induk dan bayi orangutan GL Zoo terus dilakukan secara intensif untuk memantau kondisi induk dan anaknya. (H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat