visitaaponce.com

Doa Presiden Jokowi di Momen Tahun Baru Islam

Doa Presiden Jokowi di Momen Tahun Baru Islam
Presiden Joko Widodo(Instagram @jokowi)

PRESIDEN Joko Widodo memberi ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah kepada umat Islam di Tanah Air yang jatuh pada hari ini, Selasa (10/8). Presiden mengajak umat Islam mengisi perayaan 1 Muharram dengan menguatkan ikhtiar, keyakinan, dan doa untuk bangsa Indonesia dalam menghadapi pandemi covid-19.

"Mari kita masuki tahun baru dengan penuh harapan, dengan doa, dan keyakinan. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi dan melindungi bangsa Indonesia, serta menjauhkan kita dari berbagai wabah dan marabahaya," kata Jokowi melalui akun Instagram-nya, Selasa (10/8).

Tahun Baru Islam kali ini diharapkan juga menjadi momentum menguatkan optimisme. Presiden berpesan disiplin protokol kesehatan harus terus dilakukan semua.

Baca juga: Presiden: Menaati Protokol Kesehatan Adalah Bentuk Hijrah Masa Kini    

Presiden mengajak umat Islam di Tanah Air untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan sebagai ikhtiar melawan pandemi. Kepala Negara berpesan agar protokol kesehatan menjadi laku keseharian baflgi umat.

"Kepatuhan umat menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas mencerminkan semangat hijrah dalam perilaku keseharian kita," tuturnya.

Pada peringatan malam 1 Muharram serta istigasah bersama para ulama, Senin (9/8) malam, Presiden mengatakan pandemi covid-19, yang masih terjadi di Indonesia, telah menyebabkan adanya penyesuaian termasuk aktivitas keagamaan.

Presiden menyampaikan penyesuaian tersebut juga merupakan bentuk ikhtiar untuk perubahan yang lebih baik dan contoh hijrah yang diamanahkan Nabi Muhammad SAW.

"Itu adalah ikhtiar kebaikan. Itu salah satu contoh dari hijrah yang diamanahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kesadaran untuk menjadi lebih baik, kesadaran untuk rela berkorban demi hal-hal yang lebih besar, kesadaran untuk membangun budaya hidup baru yang lebih bermanfaat dan produktif,” ujar Presiden.

Presiden berharap momen tahun baru 1 Muharam 1443 Hijriah, yang juga bertepatan dengan bulan kemerdekaan, dapat dimanfaatkan untuk melipatgandakan ikhtiar baik lahiriah maupun batiniah dalam melawan pandemi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara juga mengajak seluruh umat Islam terus meneguhkan ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah basyariah.

Presiden turut mengajak masyarakat meningkatkan sikap moderasi beragama, toleransi, inklusivitas, dan ta'awun atau tolong menolong antarsesama umat muslim.

"Sebarkan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin. Teladani akhlak nabi dengan mengajarkan kebersamaan dan toleransi serta menghindari syiar kebencian," ucapnya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat