visitaaponce.com

Peringati Tahun Baru Islam, Laznas Yatim Mandiri Gelar Muharram Ceria

Peringati Tahun Baru Islam, Laznas Yatim Mandiri Gelar Muharram Ceria
Ajang Muharram Ceria Laznas Yatim Mandiri(Dok. Laznas Yatim Mandiri)

LEMBAGA Amil Zakat Nasional (Laznas) Yatim Mandiri Banten menggelar “Muharram Ceria” bersama adik-adik binaan Sanggar Genius Petir, untuk memperingati tahun baru Islam 1445 H. 

Kegiatan yang berlangsung di Kampung Kata Pura, Desa Tambiluk, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang ini menawarkan berbagai kegiatan seru dan bermakna.

Acara dimulai dengan doa bersama dan tausiyah islamiyah yang disampaikan oleh Ustaz Fadlam. Dalam tausiyahnya, Ustadz Fadlam mengajak para peserta untuk memaknai tahun baru hijriyah sebagai pengingat akan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW, sehingga meningkatkan kepercayaan kaum Muslim terhadap ideologi dan aqidah yang dianut.

Baca juga : Sejarah 1 Muharam, Prakarsa Khalifah Umar bin Khattab hingga Peran Usman dan Ali

“Setelah sesi tausiyah, rangkaian kegiatan pun dimulai dengan semarak. Pawai obor menjadi pembuka, dengan peserta berjalan bersama dengan obor sebagai simbol cahaya dan penerangan dalam menghadapi tahun baru,” tulis Laznas Yatim Mandiri dalam keterangannya.

Para peserta kemudian menampilkan kreativitas mereka dalam peragaan busana, menampilkan pakaian yang terinspirasi dari nuansa Islami.

Selanjutnya, dilanjutkan dengan doa bersama untuk keselamatan dan kebahagiaan umat Muslim, serta untuk mendoakan saudara-saudara mereka yang telah berpulang. 

Baca juga : Buka Perwakilan Palestina, Sahabat Yatim Buat Program Perlindungan Anak-Anak Palestina

Lomba-lomba pun tak ketinggalan dari agenda “Muharram Ceria” ini, seperti lomba adzan, lomba kaligrafi, lomba mewarnai, dan lomba menghafal surat-surat pendek Al-Quran. Lomba-lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan minat dan bakat anak-anak, serta meningkatkan pemahaman mereka akan nilai-nilai keislaman.

Sementara itu, salah satu momen yang paling dirindukan oleh adik-adik binaan adalah santunan anak yatim

Yatim Mandiri Banten menyediakan santunan untuk anak-anak yatim yang hadir, sebagai wujud kepedulian dan kebahagiaan bagi mereka di momen spesial ini. Kegiatan santunan ini diharapkan dapat membawa senyuman dan keceriaan bagi anak-anak yang kurang beruntung.

Baca juga : Perbedaan Jangan Jadi Penghalang untuk Berbagi

“Acara “Muharram Ceria” ini juga dibantu dan didukung oleh mahasiswa dari Kampus UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, yang turut berpartisipasi untuk memeriahkan dan membantu kelancaran acara tersebut. Kolaborasi antara Yatim Mandiri dan mahasiswa ini menunjukkan semangat kerjasama dalam memberikan kontribusi positif untuk masyarakat,” imbuh Yatim Mandiri.

Sebagai penutup, perwakilan dari Laznas Yatim Mandiri Banten menyampaikan rasa terima kasih kepada para dermawan yang selalu mendukung setiap kegiatan mereka. Doa pun dihaturkan agar Allah membalas segala kebaikan yang telah diberikan dengan berlipatganda. (Z-5)

Baca juga : Peringati Tahun Baru Islam, Himpunan Santri Nusantara Santuni Anak Yatim di Purwakarta

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat