visitaaponce.com

Contoh Kata Pengantar untuk Tugas, Makalah, Karya Ilmiah, dan Laporan

Contoh Kata Pengantar untuk Tugas, Makalah, Karya Ilmiah, dan Laporan
Ilustrasi kata pengantar makalah(Medcom)

Kata pengantar makalah merupakan bagian yang penting dalam suatu tulisan ilmiah yang diletakkan di halaman awal

Menurut KBBI, kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Kata pengantar makalah memiliki peran yang tak bisa disepelekan. 

Peran kata pengantar makalah tidak bisa dianggap remeh. Melalui kata pengantar, kita dapat memberikan gambaran singkat tentang topik atau isi makalah yang akan dibahas, tujuan penulisan, serta ruang lingkup penelitian yang akan dijelaskan. 

Dengan demikian, pembaca dapat memahami konteks tulisan sebelum mereka membaca lebih lanjut. 

Kata pengantar makalah memang penting. Namun, menyusun kata pengantar makalah mungkin menjadi tantangan bagi beberapa orang yang kesulitan merangkai kata. 

Untuk membantu dalam penyusunan kata pengantar makalah, berikut panduan yang dapat kamu ikuti.

Baca juga: Contoh Mukadimah dalam Pembukaan Pidato

Kenali Struktur Kata Pengantar Makalah

kata pengantar makalah

Saat akan menulis kata pengantar makalah, penting untuk memahami struktur dasarnya terlebih dahulu. 

Dengan pemahaman ini, kamu dapat lebih terarah dalam menyusun kata pengantar. 

Struktur dasar kata pengantar makalah terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pembuka, isi, dan penutup. 

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing bagian tersebut.

  1. Bagian pembuka berada pada paragraf pertama hingga kedua kata pengantar. Pada bagian ini berisikan ucapan rasa syukur penulis atas selesainya karya yang ditulis.
  2. Pada bagian isi berisikan sedikit gambaran mengenai isi dari makalah tersebut. Penulis akan menyebutkan judul karya tulis. Penulis juga biasanya akan menyebutkan nama-nama orang yang berkontribusi dalam penyelesaian karya tulis.
  3. Bagian penutup berisikan permohonan maaf dan harapan penulis atau dari makalah atau laporan yang telah dibuat. Permohonan maaf itu biasanya lebih ditujukan bila di kemudian hari ditemukan kesalahan dari tulisan tersebut.

Kamu dapat menyusun kata pengantar dengan mengikuti panduan dari ketiga struktur di atas.

Namun, jika kamu membutuhkan referensi, berikut ini beberapa contoh kata pengantar yang dapat kamu gunakan sebagai acuan.

Baca juga: Contoh Kesan dan Pesan Perpisahan untuk Sekolah, Mahasiswa PPL, dan PKL
 

Contoh Kata Pengantar Makalah

kata pengantar makalah

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun sampai dengan selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Penulis sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Jakarta, 8 September  2021

Penyusun

Baca juga: Contoh Esai dan Cara Membuatnya

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul "Pentingnya Bahasa Indonesia Dalam pembelajaran di Sekolah Menengah."

Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Farida selaku guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang telah membantu penulis dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah berkontribusi dalam pembuatan karya ilmiah ini.

Karya ilmiah ini memberikan panduan dalam pembelajaran bahasa indonesia. Bagi siswa-siswi untuk memahami dan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Penulis menyadari ada kekurangan pada karya ilmiah ini. Oleh sebab itu, saran dan kritik senantiasa diharapkan demi perbaikan karya penulis. Penulis juga berharap semoga karya ilmiah ini mampu memberikan pengetahuan tentang pentingnya penggunaan bahasa indonesia dalam pembelajarn.

Jakarta, 21 Agustus 2021

Penulis

Baca juga: Contoh Berita Duka untuk di Grup Whatsapps
 

Contoh Kata Pengantar untuk Laporan

kata pengantar makalah

A. Kata Pengantar Laporan Praktikum

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan banyak nikmat sehingga kami dapat menyusun laporan praktikum biologi ini dengan baik. Laporan ini berisi tentang uraian hasil riset mengenai “……’’.

Laporan ini kami susun secara cepat dengan bantuan dan dukungan berbagai pihak diantaranya; Ibu Diana, M.Sc selaku dosen mata kuliah Biologi Murni, Bapak Abi, M.sc selaku kepala lab Biologi Murni dan Kak Nabila selaku asisten lab. Oleh karena itu kami sampaikan terima kasih atas waktu, tenaga dan pikirannya yang telah diberikan.

Dalam penyusunan laporan ini, kami menyadari bahwa hasil laporan praktikum ini masih jauh dari kata sempurna.

Sehingga kami selaku penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian. Akhir kata Semoga laporan praktikum ini dapat memberikan manfaat untuk kelompok kami khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya.

Jakarta, 8 September 2021

Penyusun

Baca juga: Ini Penjelasan Rumusan Masalah, Cara Membuat, dan Contohnya

B. Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Kami ucapkan puji syukur serta nikmat pada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang melimpah, atas terselesaikannya kegiatan magang di PT X Jakarta.

Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas mata kuliah praktik kerja bisnis di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Indonesia. 

Tujuan dibuatnya laporan magang ini yaitu untuk melaporkan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan dunia kerja di PT X Jakarta.

Dalam penyusunan laporan magang ini, tentu tak lepas dari pengarahan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka penulis ucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Pihak-pihak yang terkait itu di antaranya sebagai berikut:

1. Seluruh dosen penulis di Fakultas Ekonomi yang sudah memberikan banyak informasi.

2. Bapak Jason selaku Direktur PT X.

3. Bapak Adit selaku pembimbing penulis di PT X

4. Karyawan dan karyawati PT X  yang dengan tulus memberi pengarahan pada penulis selama penulis magang di perusahaan tersebut.

5. Orang tua dan teman-teman penulis, terima kasih banyak atas dukungannya.

Karena kebaikan semua pihak yang telah penulis sebutkan tadi maka penulis bisa menyelesaikan laporan magang ini dengan sebaik-baiknya. Laporan magang ini memang masih jauh dari kesempurnaan, tapi penulis sudah berusaha sebaik mungkin. Sekali lagi terima kasih. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Jakarta, 18 Agustus 2021 (OL-1)

Baca juga: 15 Contoh Kata Kiasan dan Artinya
 

Nah, itulah beberapa panduan dan contoh kata pengantar yang dapat menjadi inspirasi kamu saat menulis.

Ingatlah, kata pengantar merupakan pintu gerbang yang dapat mengundang pembaca untuk melanjutkan proses membaca karya tulisan kamu lebih jauh.

Teruslah mengeksplorasi gaya penulisan. Pasalnya, setiap kata tentu memiliki kekuatan untuk membangun pemahaman dan koneksi dengan pembaca.

Semoga informasi tentang kata pengantar makalah ini bermanfaat untukmu!

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat