visitaaponce.com

Dukung Fatwa Haram Memberi Uang Pengemis, Mensos Ada yang Punya Mobil

Dukung Fatwa Haram Memberi Uang Pengemis, Mensos: Ada yang Punya Mobil
Pengemis terjaring operasi petugas di Pasar Senen, Jakarta(MI/AGUNG WIBOWO )

MENTERI Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini menanggapi persoalan fatwa Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan terkait mengharamkan untuk memberikan uang kepada pengemis di jalan.

"Saya pikir itu bener menurut saya. Di dalam agama pun kita sebaik-baiknya manusia itu kalau tangan kita diatas, bukan di bawah," ujar Risma di Hotel Kapuas Kencana, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (4/11).

Risma melanjutkan, beberapa pengemis juga pernah ditemukan mereka mempunyai kendaraan roda empat hingga rumah.

"Karena tidak mau susah payah, mereka harus memaksakan (meminta), kalau aku di Surabaya tak kejar itu, pura pura kakinya buntung, pernah tak kejar, ternyata kakinya dilipat, diikat gitu seolah-olah buntung. Ya kan, udah nipu, tangannya di bawah lagi (meminta)," ujar Mantan Walikota Surabaya tersebut.

Baca juga: Nadiem Minta Kepala Daerah Dorong PTM Terbatas untuk PAUD

Sebelumnya, dilansir dari akun Instagram MUI Sulawesi Selatan menyebutkan, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan mengeluarkan Fatwa Nomor : 01 Tahun 2021 Tentang "Eksploitasi dan Kegiatan Mengemis di Jalanan dan Ruang Publik"

MUI Sulsel menegaskan bahwa haram hukumnya memberikan uang kepada anak jalanan dan pengemis. Fatwa iniditerbitkan MUI merupakan hasil kajian dari fenomena banyaknya anak jalanan dan pengemis, khususnya di Kota Makassar yang ternyata dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk mendapatkan keuntungan.

Lebih lanjut, Risma mengatakan untuk orang orang fakir miskin yang terbukti tidak sanggup wajib untuk dibantu, pihaknya memindai pendataan bagi lansia hingga disabilitas yang tidak mampu. Penerima bantuan dari pemerintah ini sesuai dengan yang di amanatkan undang-undang dasar.

"Jadi kalau memang mereka tidka mampu itu memang tugas pemerintah seperti dalam agama kewajiban kita, fakir miskin, anak yatim begitu, tapi kalau dia mampu bekerja ya dia harus bekerja," pungkas Risma. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat