visitaaponce.com

Yuk Mengenal Teori Big Bang, Teori Terbentuknya Alam Semesta yang Paling Populer

Yuk Mengenal Teori Big Bang, Teori Terbentuknya Alam Semesta yang Paling Populer
Teori Big Bang(phys.org)

JIKA Anda penasaran mengenai bagaimana terjadinya alam semesta, teori big bang adalah yang paling banyak dipercaya. Teori ini pertama kali dicetuskan oleh Alexandra Friedman pada 1922.Friedman adalah ahli fisika asal Rusia. 

Teori big bang, yang juga biasa disebut teori dentuman atau ledakan berarti  ledakan dahsyat atau dentuman besar, sesuai dengan namanya  The Big Bang. 

Ledakan itu disebut menyebabkan pembentukan alam semesta berdasarkan kajian kosmologi mengenai bentuk awal dan perkembangan alam semesta atau singkatnya teori ini membahas tentang struktur alam semesta yang selalu berubah (dinamis).

Baca juga: Rumus Daya: Pengertian, dan Satuannya

Pada buku Big Bang Theory, The : Teori Terbentuknya Alam Sutra, teori dentuman besar (Teori Big Bang), alam semesta terdiri dari massa yang sangat besar dan massa jenis yang sangat besar juga. 

Kemudian, adanya reaksi inti mengakibatkan massa tersebut meledak dan mengembang sangat cepat hingga menjauhi pusat ledakan. Ledakan dahsyat itu terjadi sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu. 

Dalam perkembangannya, teori ini dikembangkan oleh astronom Amerika Serikat (AS) yaitu Edwin Hubble. 

Menurut Hubble, pada awalnya, bintang-bintang itu berkumpul di satu titik massa yang dikenal dengan volume nol. Namun, pada suatu waktu volume nol itu meledak dan mengembang.

Setelah terjadi ledakan dahsyat di volume nol, semua galaksi dan bintang-bintang mengalami pergeseran cahaya bintang-bintang yang mendekati spektrum merah. 

Dengan kata lain, pergeseran yang terjadi akibat ledakan dahsyat mengakibatkan bintang-bintang menjauhi Bumi dan perlahan-lahan saling menjauh satu sama lain.

Nah kira-kira seperti itulah gambaran awal mula terjadinya alam semesta menurut teori Big Bang. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat