visitaaponce.com

Rumah Sakit Bersiap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 dan Non-Covid-19

Rumah Sakit Bersiap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 dan Non-Covid-19
Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) kawasan Sudirman, Jakarta, berhias gambar peringatan untuk mewaspada terhada virus Covid-19.(MI/ANDRI WIDIYANTO)

MENJELANG libur natal dan tahun baru (Nataru) rumah sakit mempersiapkan diri untuk lonjakan kasus Covid-19 apabila terjadi.

Salah satunya RSUP Persahabatan yang sudah menyiapkan fasilitas untuk menampung pasien Covid-19 maupun non-Covid-19.

Direktur Utama RSUP Persahabatan dr Agus Dwi Susanto mengatakan di antara natal dan tahun baru selama libur panjang ini RSUP Persahabatan tetap melakukan pelayanan pokok seperti gawat darurat baik pasien Covid-19 dan non-Covid-19.

"Rawat inap baik cCvid mau pun non-Covid tetap kita laksanakan. Kemudian penunjang kita juga stand by termasuk juga hari libur tanggal merah dan hari Sabtu Minggu," kata Agus dalam konferensi pers di RSUP Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (23/12).

Untuk rawat jalan selama periode tanggal 25 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2021 maka rawat jalan hanya dibuka pada jam kerja. Sementara ruang perawatan tersedia intensif untuk pasien covid dan non covid.

Untuk pasien Covid-19 saat ini ada 1 tempat tidur untuk bayi dan 6 dewasa anak, sedangkan non-Covid-19 bayi 6 tempat tidur, dewasa dan anak 36 tempat tidur.

Untuk kasus suspect ataupun Covid maka langsung dikirim ke ruang perawatan isolasi, jadi IGD sifatnya hanya sementara. Memang di IGD sendiri lebih banyak kasusnya non covid-19.

"Bagaimana kalau ada peningkatan kasus, maka tahap pertama yang kita lakukan mengubah isolasi yang ada di IGD sebelumnya kuning menjadi merah, jadi di situ nanti akan langsung kita terima suspect maupun Covid-19 dan kita observasi di ruang tersebut," ujarnya.

Langkah kedua apabila kasusnya seperti bulan gelombang kedua lalu maka semua IGD berwarna merah atau untuk pasien covid-19. Jadi memang ada dua step yang disiapkan untuk mengantisipasi itu.

"RSUP persahabatan sudah siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus dalam rangka natal dan tahun baru 2022. RSUP Persahabatan melalui IGD siap menerima pasien Covid-19 dan non-Covid-19 baik yang datang secara langsung maupun melalui rujukan," pungkasnya. (Iam/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat