visitaaponce.com

Belum Ada Covid-19 JN.1, Semarang Perketat Pengawasan Bandara dan Pelabuhan

Belum Ada Covid-19 JN.1, Semarang Perketat Pengawasan Bandara dan Pelabuhan
Sejumlah penumpang tiba di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah.(Antara)

KASUS Covid-19 kembali naik, Pemerintah Kota Semarang mewaspadai munculnya Covid-19 varian JN.1 dengan pengawasan ketat di pintu masuk kota seperti bandara dan pelabuhan, terutama warga yang baru pulang dari luar negeri pada liburan Natal dan tahun baru ini.

"Kita telah koordinasi dengan otoritas Bandara Internasional Ahmad Yani dan Pelabuhan Tanjung Emas untuk meningkatkan pengawasan sebagai antisipasi masuknya covid-19 varian JN1," kata Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu Rabu (2012).

Meskipun hingga kini belum ada laporan covid-19 varian JN.1 tersebut, lanjut Hevearita Gunaryanti Rahayu, namun kewaspadaan tinggi tetap harus dilakukan mengingat pada kasus pertama muncul di Kota Semarang berasal dari warga yang baru pulang dari Singapura.

Baca juga : WHO Sebut Covid-19 JN.1 Lebih Menular

Di Bandara Ahmad Yani Semarang, demikian Hevearita Gunaryanti Rahayu, meskipun tidak ada penerbangan internasional untuk penumpang, namun penumpang dari luar negeri dapat datang dari Bali demikian juga Jakarta, sehingga tetap harus dilakukan pengawasan serta pemeriksaan kesehatan.

Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas, ungkap Hevearita Gunaryanti Rahayu, sebagian besar adalah penumpang dalam negeri, namun masuknya penumpang dari luar negeri juga tidak dapat dicegah karena menurut rencana akan datang kapal pesiar yang merapat di pelabuhan tersebut bersamaan angkutan mudik Nataru.

Penumpang Kapal Pesiar Wajib Periksa Kesehatan

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Fajar Purwawidada mengatakan selama berlangsung arus mudik Nataru ini, berbagai persiapan telah dipersiapkan karena diperkirakan jumlah penumpang melalui bandara ini mencapai 6.000-7.000 per hari.

Baca juga : Warga Terpapar Covid-19 di Kota Semarang Delapan Orang

Selama libur Natal dan Tahun Baru ini, ujar Fajar Purwawidada, Bandara Ahmad Yani Semarang akan melayani 58 penerbangan dan 16 penerbangan penambahan flight, khusus tujuan Semarang-Jakarta serta satu internasional untuk kargo. 

"Diperkirakan ada peningkat jumlah penumpang sekitar 10%," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang Herwanto memperkirakan lonjakan penumpang kapal selama libur panjang Nataru  meningkat 7% dibandingkan Nataru sebelumnya menjadi 18.000-19.000 orang .

Baca juga : Ganjar Pranowo akan Kembangkan Enam Bandara di Jateng Dinilai Tepat

Untuk memenuhi kebutuhan penumpang selamai libur Nataru ini, lanjut Herwanto, dioperasikan sembilan kapal dengan rute dari Pelabuhan Tanjung Emas menuju Pontianak, Kumai dan Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebagai antisipasi munculnya Covid-19 JN1, lanjut Herwanto, pengawasan dan pemeriksaan kesehatan akan diterapkan terhadap seluruh penumpang kapal pesiar yang akan merapat di pelabuhan ini pada akhir Desember mendatang. 

"Untuk penumpang kapal pelayaran dalam negeri tidak," tambahnya. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat