visitaaponce.com

Ingin Hasil Belajar Daring Setara dengan Luring, Forum Rektor Tidak Mudah

Ingin Hasil Belajar Daring Setara dengan Luring, Forum Rektor: Tidak Mudah
Ilustrasi pembelajaran jarak jauh(ANTARA FOTO/fauzan)

MENGINGINKAN kualitas dan makna pembelajaran jarak jauh (PJJ) mahasiswa yang setara dengan tatap muka disebut sangat sulit. Hal ini disampaikan Ketua Forum Rektor Indonesia sekaligus Rektor UGM Panut Mulyono.

"Memang tidak mudah agar pembelajaran secara daring memperoleh hasil yang setara dengan pembelajaran tatap muka di kelas," kata Panut Mulyono saat dihubungi, Senin (21/2).

Sulitnya mendapatkan hasil setara antara pembelajaran di kelas dengan PJJ karena pembelajaran di kelas dosen lebih leluasa memberikan penjelasan materi dengan sketsa dan berbagai contoh kontekstual yang terjadi di lapangan/alam dan praktik di dunia kerja.

Selain itu, mahasiswa juga bisa merasakan dan melihat langsung materi serta praktik yang diajarkan sehingga mahasiswa memiliki keleluasaan untuk interupsi.

"Pada pembelajaran daring, durasi waktu untuk menjelaskan materi kuliah menjadi pertimbangan karena terkait biaya dan kuota internet," ucapnya.

Baca juga: PTM Belum Dibuka, PJJ di Tangsel Diperpanjang Sepekan

Oleh karena itu, lanjut Panut, dosen disarankan mengunggah materi kuliah di platform sistem pembelajaran agar para mahasiswa dapat mengunduh materi tersebut dan dapat mempelajarinya berulang-ulang di luar jam kuliah. Pada jam kuliah daring dosen memberikan penjelasan-penjelasan pokok terkait materi dan contoh-contoh kasus.

Sementara tugas/soal-soal latihan untuk mendorong mahasiswa membaca kembali materi kuliah sebaiknya juga diberikan setiap habis kuliah.

"Sedangkan untuk praktikum sebaiknya tetap dilakukan di laboratorium dengan penjadwalan yang baik dan menjalankan protokol covid-19 yang ketat," pungkasnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat