visitaaponce.com

Timnas Amin Gerakan Kampus Suarakan Netralitas Sebagai Sinyal Positif

Timnas Amin: Gerakan Kampus Suarakan Netralitas Sebagai Sinyal Positif
Guru Besar UI Harkristuti Harkrisnowo (tengah) mewakili guru besar UI lainnya membacakan pernyatan sikap Guru Besar UI terkait Pemilu 2024.(MI/Moh Irfan)

ASISTEN Pelatih Timnas Anies-Muhaimin (Amin) Tamsil Linrung menyebut para intelektual kampus yang sudah bersuara terhadap berbagai hal tindakan negatif dari para penyelenggara negara dalam Pemilu 2024 merupakan hal yang positif.

Tamsil menilai gerakan dari kampus yang menyuarakan kritik terhadap pemerintah dalam hal netralitas pada Pemilu 2024 merupakan sinyal positif.

“Semua bentuk pencitraan yang dilakukan (pemerintah Jokowi) menjadi tereliminasi dengan apa yang dilakukan para forum rektor dan senat guru besar,” kata Tamsil, dalam keterangannya, hari ini.

Baca juga : Tito Karnavian Jadi Plt Menkopolhukam, Timnas AMIN: Jaga Netralitas

Akibat gerakan sejumlah kampus ini, Tamsil mengaku mendapat informasi adanya kampus yang diintimidasi aparat keamanan. Mereka diminta untuk membuat aksi dan deklarasi tandingan berupa dukungan kepada pemerintah.

“Ini tidak semestinya terjadi. Apalagi deklarasi (kritik) ini dilakukan para rektor dan guru besar. Mereka menyampaikan pendapatnya malah diintimidasi,” papar Tamsil.

Tamsil menambahkan Timnas Amin mengapresiasi keberanian para rektor, guru besar, dan para akademisi ini.

Baca juga : Sudirman Said Ingatkan Pemerintah tidak Abaikan Suara Perguruan Tinggi

“Selama ini mereka (intelektual kampus) dianggap mendiamkan segala sesuatu yang membuat demokrasi berjalan mundur dan akal sehat tidak difungsikan dengan benar,” papar anggoa DPD RI dari dapil Sulawesi Selatan ini.

Dengan adanya seruan dari para rektor dan guru besar ini, menurut Tamsil, para mahasiswa jangan diam saja. Sudah waktunya mahasiswa bergerak menyikapi dan menindaklanjuti apa yang disampaikan para rektor dan guru besar ini.

Terkait perkembangan elektoral Anies-Muhaimin, Tamsil mengatakan, semakin bergerak positif. Hasil survei internal menyebutkan antara pasangan nomor urut 01 dan nomor urut 02 sudah berjarak sangat dekat.

Baca juga : ASN Pemkot Padang Diminta Jaga Netralitas

“Pasangan 01 dan 02 sudah di atas 35% keduanya. Adapun, pasangan 03 di angka 20%-an,” kata mantan politisi PKS ini.

Khusus Sulawesi Selatan, Tamsil menegaskan pasangan Amin menguasai suara di sana. Tamsil menyebut pasangan 01 mendapatkan lebih dari 60% dukungan. “Saya garansi Amin menang di Sulsel,” kata dia.

Tamsil memperkirakan dukungan pada pasangan 01 dan 03 akan terus meningkat. Terlebih pascadeklarasi dari para rektor dan guru besar di sejumlah perguruan tinggi besar di Indonesia yang berani menyuarakan kritik ketidaknetralan dan pelanggaran nilai-nilai demokrasi oleh pemerintah.

Baca juga : Cak Imin: Seruan Perguruan Tinggi ke Pemerintah harus Jadi Warning

“Suara pasangan 02 sangat tergerus dengan gerakan di kampus ini,” papar Tamsil. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat