visitaaponce.com

Baru 80 Penduduk Miliki Antibodi Covid-19, Herd Immunity Terus Dikejar

Baru 80% Penduduk Miliki Antibodi Covid-19, Herd Immunity Terus Dikejar
Penampakan virus korona.(CDC)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) telah merampungkan hasil sero survei antibodi covid-19 dan menemukan bahwa baru 80% penduduk Indonesia yang sudah memiliki antibodi. Pemerintah mengejar vaksinasi untuk dapat memenuhi target kekebalan kelompok sebesar 70%.

"Data menunjukkan antibodi sudah pada 80% di masyarakat tapi untuk kekebalan kelompok kan dari jumlah sasaran belum sampai 70%," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid., saat dihubungi, Kamis (10/3).

Ia menegaskan, herd immunity dapat dicapai dari vaksinasi. Hingga 9 Maret 2022, Kemenkes mencatat jumlah vaksinasi dosis 2 sudah disuntikan kepada 148 juta penduduk dan vaksinasi dosis 3 baru 13,1 juta penduduk padahal target vaksinasi nasional harus disuntikan kepada 208,2 juta penduduk Indonesia.

"Kalau herd immunity kan minimal cakupan vaksinasi 70% dari populasi penduduk Indonesia dan saat ini kita belum mencapainya," ucapnya.

Menurut Nadia, saat ini Kemenkes fokus mengejar capaian vaksinasi lengkap hingga 70% di masyarakat. Berbagai relaksasi protokol kesehatan dan aktivitas masyarakat di masa pandemi sudah dilakukan sehingga diharapkan masyarakat juga antusias mengikuti program vaksinasi terutama booster. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat