visitaaponce.com

Akses Air Minum Layak di Indonesia Harus Ditingkatkan

Akses Air Minum Layak di Indonesia Harus Ditingkatkan
: Sejumlah Mahasiswa dan aktivis lingkungan membersihkan sampah di aliran sungai Krueng Daroy, Aceh Besar, Aceh, Selasa (22/3/2022).(ANTARA/SYIFA YULINNAS)

DIREKTUR Perumahan dan Pemukiman Bappenas Tri Dewi Virgianti menyebutkan air minum yang layak di Indonesia masih terbilang rendah. Bila dilihat dari air yang layak berdasarkan jaringan pepipaan baru 15 juta rumah.

Saat ini capaian akses air minum yang aman mencapai 90,21% tetapi dengan jaringan perpipaan 20,69% atau ke 15 juta rumah. Angka tersebut tergolong kecil bila dibandingkan dengan negara lain. Sementara air minum layak yang bukan jaringan perpiaan sebanyak 69,52% atau sekitar 50 juta rumah tangga.

"Dasar sistem yang mendukung air minum aman adalah jaringan perpipaan. Mangkanya penting jaringan perpiaan ini dorong naik sehingga air minum layak lebih mudah didapatkan masyarakat," kata Tri dalam webinar Upaya Bersama Dalam Menjaga Kualitas Air Minum Aman yang Berkelanjutan Kemenkes, Selasa (22/3).

Baca juga: DKMG, Tokopedia dan Benih Baik Salurkan Donasi untuk Warga Prasejahtera

Sementara air minum bukan jaringan perpiaan (BJP) sumber kontaminasi airnya lebih tinggi atau bisa datang dari septic tank atau mata air yang terkontaminasi.

Berdasarkan penelitian yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan bahwa air ledeng/perpiaan yang tinggi kualitasnya dengan harga yang relatif lebih murah. Standar kualitas dihitung dari 5 parameter yakni TDS, E-coli, pH, nitrat, dan nitrit.

Kualitas dari air ledeng mencapai 28% dengan estimasi biaya yang dikeluarkan per bulan mencapai Rp86 ribu. Air isi ulang hanya 20,5% biaya sekitar Rp135 ribu, air sumur bor kualitasnya jauh lebih rendah yakni 15,4% meski biaya per bulan hanya Rp44 ribu.

Sementara air yang berasal dari penampungan air hujan kualitasnya hanya 15%, mata air terlindungi hanya 7% saja.

"Kami mendorong masyarakat untuk bisa mengonsumsi air yang lebih baik baik dari sisi kualitas, keberlanjutan lingkungan dan sebagainya. Kita juga mendorong PDAM menyediakan air minum yang lebih baik," ujarnya. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat