visitaaponce.com

Imunisasi Tertinggal Bisa Dilengkapi Dengan Vaksin Ganda

Imunisasi Tertinggal Bisa Dilengkapi Dengan Vaksin Ganda
Ilustrasi(MI/Ricky Julian)

IMUNISASI anak yang tertinggal selama pandemi covid-19 bisa dilengkapi tanpa mengulang dari awal dan dapat diberikan vaksin ganda atau multipel. Namun, perlu diperhatikan faktor usia minimal atau maksimal, serta interval minimal antara dua vaksin.

Dokter spesialis anak, Arifianto atau akrab disapa Apin dalam temu media pekan imunisasi dunia 2022 secara virtual Senin (11/4).

"Imunisasi perlu dilengkapi bila dokumentasi buruk atau hilang dan anak yang belum pernah imunisasi dianggap belum memiliki kekebalan sehingga rentan terinfeksi," tuturnya.

Menurutnya, pemberian dua vaksin hidup dapat diberikan secara bersamaan. Begitu pun imunisasi anak dapat diberikan bila tidak ada indikasi kontra imunisasi.

"Sudah terbukti sekian puluh tahun, Kemenkes mengadakan program penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) dan terbukti mengurangi angka, bebas polio, tetanus neonatorum, dan jangan sampai muncul kembali," sebutnya

Dia menekankan apabila terjadi wabah di beberapa tempat, misalnya wabah difteri atau campak tentunya perlu kerjasama yang baik antara media dan tenaga kesehatan setempat untuk sosialisasi pencegahan dan cakupan imunisasi lengkap.

"Sampaikan ke masyarakat bahwa sudah terjadi wabah difteri dan campak di beberapa daerah, cegah jangan meluas serta pastikan anak-anak lengkap imunisasi hingga tepat waktu," pungkasnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat