visitaaponce.com

Menkes Yuk Hidupkan Lagi UKS di Sekolah

Menkes: Yuk Hidupkan Lagi UKS di Sekolah
Menteri Kesehatan Budi Gunadi saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR.(Antara)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa penting untuk menghidupkan kembali Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

Sebab, fasilitas tersebut dapat meningkatkan edukasi terkait kesehatan anak dan remaja. Langkah itu merupakan tindak lanjut dari Permenko PMK 1/2022 tentang Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja (RAN PIJAR).

"Ini membutuhkan jaringan dan fasilitas kesehatan. Sehingga, perlu menghidupkan lagi yang namanya UKS. Itu adalah jaringan, layanan yang sangat terdepan di sekolah," kata Budi, Selasa (19/4).

Baca juga: Waspadai 4 Penyakit Penyebab Kematian Anak di Bawah 5 Tahun

Menurutnya, kehadiran UKS dapat meningkatkan edukasi kesehatan bagi anak dan remaja. Tidak sebatas buku dan layanan kesehatan lainnya, edukasi tersebut juga bisa memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

"Nanti kita isi dengan program intervensi, yang sifatnya promotif dan preventif. Promotif dalam arti edukasi, karena penting sekali bagi masyarakat. Mungkin caranya tidak hanya dengan buku, tapi bisa dengan YouTube yang ditonton remaja," jelasnya.

Baca juga: Ahli Pastikan Vaksin Ganda tidak Berbahaya

Lebih lanjut, Budi menegaskan bahwa masalah kesehatan tidak hanya terkait penyembuhan orang sakit. Menurutnya, kesehatan merupakan upaya menjaga dan melindungi masyarakat agar tidak terkena sakit.

Menyoroti upaya promotif dan preventif, sambung dia, menjadi langkah terdepan untuk menguatkan sistem kesehatan nasional. Hal itu bisa dimulai dari lingkungan sekolah dan remaja lewat edukasi.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat