visitaaponce.com

Manfaat Susu dan Kurma Bantu Penuhi Kebutuhan Gizi di Bulan Puasa

Manfaat Susu dan Kurma Bantu Penuhi Kebutuhan Gizi di Bulan Puasa
Acara peluncuran susu MilkLife varian kurma, yang digelar secara daring.(Ist)

DI bulan Ramadan, kurma menjadi buah yang banyak dicari oleh masyarakat muslim. Bukan tanpa alasan kurma menjadi primadona. Selain karena rasanya yang legit, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Kurma cocok dijadikan takjil saat berbuka, karena mengandung gula sederhana yang bisa segera memulihkan kadar gula darah yang turun setelah 14-an jam berpuasa. 

“Kurma juga tinggi serat yang baik untuk kesehatan saluran cerna, dapat menjaga keseimbangan mikroflora di usus. Kandungan seratnya membantu menurunkan penyerapan kolesterol dan melancarkan buang air besar. Dengan mengonsumsi 3-5 buah kurma, sudah memenuhi 20% kebutuhan serat harian,” papar dokter spesialis gizi klinik dr. Feni Nugraha, MASR, MGizi, SpGK, pada acara peluncuran susu MilkLife varian kurma, yang digelar secara daring beberapa waktu lalu.

Kurma mengandung berbagai vitamin dan mineral, yaitu vitamin A, vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium, fosfor, zat besi, seng, selenium, magnesium, dan kalium. Juga ada kandungan zat bioaktif seperti polifenol dan karotenoid yang sifatnya sebagai antioksidan, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan baik untuk kesehatan jantung. Dengan segala kebaikannya, lanjut dr. Feni, kurma menjadi salah satu pilihan yang baik untuk disantap saat berbuka maupun sahur. 

Selain kurma, ada satu minuman yang juga sarat gizi, cocok untuk melengkapi asupan nutrisi saat berpuasa, yaitu susu. “Susu merupakan makanan yang mengandung zat gizi yang baik dan lengkap. Susu merupakan makanan sumber protein, yang berperan untuk menjaga imunitas tubuh, serta untuk kekuatan dan fungsi otot,” kata dr. Feni.

Apa saja kandungan gizi susu? Ada karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi, lalu protein, lemak yang baik yaitu omega 3, serta berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D, yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. “Satu gelas susu mengandung kalsium sekitar 300 mg yang setara dengan 30% kebutuhan kalsium harian kita,” terang dr. Feni.

Ia mengingatkan, saat berpuasa tubuh tetap memerlukan cairan sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari. Susu, bisa menjadi salah satu asupan cairan yang sarat gizi. Jadi, dengan minum susu kebutuhan cairan tercukupi, asupan gizi pun makin lengkap. “Susu bisa diminum saat berbuka maupun sahur, melengkapi asupan lain seperti nasi, lauk, sayur, dan buah,” ucap dr. Feni.

Susu Kurma

Berangkat dari fakta kebaikan kurma untuk kesehatan, produsen susu Global Dairi Alami menghadirkan susu MilkLife varian kurma, dengan demikian masyarakat bisa menikmati manfaat ganda yang dihasilkan dari susu kurma. Peluncuran MilkLife varian kurma yang mengandung 9 vitamin dan 9 mineral itu mengusung semangat #Menebar Kebaikan.

“Komitmen kami adalah menghadirkan manfaat dari setiap kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh agar kesehatan selalu terjaga, termasuk di bulan suci Ramadhan yang masih dalam masa pandemi ini. Kami berharap semua orang bisa merasakan manfaat ganda dari susu dan kurma melalui MilkLife varian terbaru yaitu rasa kurma ini, serta menularkan semangat dalam #MenebarKebaikan,” ujar Bernadeth Virna Widiastuty, Marketing Manager Global Dairi Alami.

MilkLife juga berkomitmen untuk #MenebarKebaikan bagi semua orang, tidak terkecuali bagi penderita intoleransi laktosa yang ingin tetap dapat menikmati kebaikan susu sapi. MilkLife terus berupaya memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat dengan mengajak #BeraniMinumSusu melalui MilkLife Lactose Free.

“Terbuat dari 100% susu sapi segar yang mengandung banyak vitamin dan mineral, proses pembuatan MilkLife Lactose Free mencakup penambahan enzim laktase untuk memecah laktosa dalam susu sapi menjadi gula yang lebih sederhana sehingga susu ini aman diminum penderita intoleransi laktosa. Mereka tidak perlu lagi khawatir akan kembung atau bahkan diare setelah minum susu,” terang Virna.

Nilai plus lainnya, kedua varian tersebut, yakni Milklife varian kurma dan MilkLife Lactose Free, juga hadir dalam kemasan siap minum yang praktis, bisa disimpan di suhu ruangan dalam jangka lama, sehingga dapat dijadikan bekal yang siap diminum kapan pun dan di mana pun. Misalnya, ketika waktu berbuka puasa tiba sementara kita masih dalam perjalanan, kita bisa minum susu dulu untuk berbuka. Tentu saja, selain diminum langsung, susu MilkLife juga bisa diolah menjadi aneka minuman segar, atau sebagai bahan membuat ragam hidangan. 

“Sebagai aksi nyata PT. Global Dairi Alami dalam memaknai #MenebarKebaikan, kami membagikan produk MilkLife varian kurma ke sejumlah pesantren di Jakarta dan Jawa Barat yang menjangkau ribuan masyarakat," pungkas Virna. (Nik/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat