visitaaponce.com

Ini 6 Indikator yang Dimatangkan Pemerintah Jelang Mudik Lebaran

Ini 6 Indikator yang Dimatangkan Pemerintah Jelang Mudik Lebaran
Calon penumpang yang didominasi pemudik antre di loket cek in Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.(MI/Ramdani)

MENDEKATI libur Lebaran 2022, pemerintah semakin mematangkan persiapan arus mudik. Dalam hal ini, untuk mengantisipasi lonjakan mobilisasi masyarakat.

Terdapat enam variabel yang dapat menentukan kesiapan pemerintah dalam menangani mudik Lebaran. Mulai dari manajemen transportasi, hingga penyaluran bantuan sosial (bansos) secara merata.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan bahwa setelah dua tahun tanpa mudik, penting untuk tetap memprioritaskan keselamatan. Itu dengan melaksanakan pengecekan kelaikan alat transportasi yang akan digunakan, serta operatornya.

Baca juga: 23 Juta Masyarakat Rentan dan Umum telah Divaksinasi Booster

"Saat ini, terdapat enam variabel yang menentukan kesiapan kita (pemerintah) dalam menghadapi mudik 2022," jelas Mujadjir, Sabtu (23/4).

"Rinciannya, pengaturan manajemen transportasi baik darat, laut dan udara, lalu ketersediaan bahan bakar dan bahan pokok. Kemudian, perkembangan covid-19 dan vaksinasi, serta penyaluran bansos," imbuhnya.

Menurutnya, fokus pemerintah saat ini adalah pengaturan manajemen transportasi. Baik di tempat pemberangkatan asal, proses perjalanan, hingga tiba di tujuan dengan aman.

Baca juga: Mudik Lebaran, Polri Siapkan Skenario Rekayasa Lalu lintas

Dia juga menegaskan bahwa dengan kondisi kasus covid-19 yang melandai, tetap diperlukan upaya percepatan vaksinasi booster. Khususnya, di tempat pemberangkatan mudik, termasuk, wilayah Jabodetabek.

"Perkembangan covid-19 masih dalam keadaan landai dan terkendali. Percepatan vaksinasi booster pada tempat pemberangkatan mudik perlu dilakukan, sehingga memenuhi target pemerintah," kata Muhadjir.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat