visitaaponce.com

GOTA29 Mutiara Gading Timur Berikan Beasiswa Pendidikan Sarjana S-1

GOTA29 Mutiara Gading Timur Berikan Beasiswa Pendidikan Sarjana S-1
Peluncuran Program Beasiswa Sarjana S-1 untuk Anak Asuh di Bekasi, Sabtu (23/4/2022)(MI/ADANG ISKANDAR)

RAUT wajah gembira tampak dari tiga orang anak muda yang mendapatkan beasiswa program sarjana S-1 itu. Mereka adalah Fadly, Rio, dan Azkia. Harapan untuk terus melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi pun kembali terbuka berkat beasiswa yang mereka terima.

Bertepatan dengan hari ke-21 Ramadan 1443 Hijriah, Gerakan Orang Tua Asuh RW 029 (GOTA29) meluncurkan Program Beasiswa Sarjana S-1 untuk Anak Asuh. Kegiatan peluncuran beasiswa yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama para anak asuh itu digelar pada Sabtu (23/4) di Padova Center, Mutiara Gading Timur 2, Kelurahan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Hadir pada kesempatan itu Kasi Kesos Kelurahan Mustika Jaya Ade Cristianto, para pengurus RW 029, para pengurus RT, para anak asuh GOTA29, juga para tokoh masyarakat lainnya.

Untuk diketahui, GOTA29 merupakan salah satu gerakan sosial yang diinisiasi oleh warga RW 029, Perumahan Mutiara Gading Timur (MGT) 2, Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi. Tujuannya ialah membantu dalam hal biaya pendidikan atau keperluan alat sekolah bagi sesama warga atau keluarga di lingkungan RW 029 yang mengalami kesulitan membiayai pendidikan anak-anaknya, dari tingkat SD hingga perguruan tinggi.

Baca jugaGenerasi Muda Indonesia Kian Menggandrungi Street Culture

Adapun kriteria yang berhak untuk mendapatkan bantuan itu ialah anak yang ayahnya sebagai tulang punggung keluarga telah meninggal, sementara ibunya tidak bekerja. Selain itu, bantuan juga diberkan kepada anak yang keluarganya tengah mengalami kesulitan ekonomi, seperti ayah terkena PHK.

"Jadi, GOTA29 adalah murni gerakan masyarakat di lingkungan RW 029 MGT 2, dan tidak terkait sama sekali dengan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) yang cukup populer di era Orde Baru," kata Ketua RW 029 Firdaus Raja Intan.

"Kami mengumpulkan bantuan dari warga yang bermukim di wilayah RW 029. Tetapi kami juga menerima bantuan dari pihak di luar warga RW 029 yang ingin ikut berkontribusi, dan alhamdulillah cukup banyak juga dana yang kami terima dari para donatur itu," ujar Firdaus.

Sejak dicanangkan pada 2013, GOTA29 telah memiliki puluhan anak asuh. Saat ini yang tercatat ada 45 anak asuh di bawah naungan GOTA29.

Untuk program ke depannya, imbuh Firdaus, pihaknya akan memberikan beasiswa penuh kepada anak asuh GOTA29 yang lulus SNMPTN.

Salah seorang penerima beasiswa sarjana S-1, Fadly, mengaku sangat senang dan berterima kasih atas beasiswa yang diterimanya.

"Insyaallah, beasiswa ini akan jadi pemacu semangat bagi saya untuk terus dan rajin belajar.Terima kasih GOTA29," ungkap pemuda yang juga menjabat Ketua Remaja Masjid Daarul Muttaqien, masjid yang berada di lingkungan RW 029. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat