visitaaponce.com

Contoh Upacara Adat Terpopuler di Indonesia

Contoh Upacara Adat Terpopuler di Indonesia
Petua adat melakukan peusijuk (teupung tawar) benih padi sebelum disemai saat kenduri blang akbar (kenduri turun kesawah), Desa Keude Krung.(Antara/Rahmad.)

UPACARA adat merupakan salah satu tradisi masyarakat tradisional yang masih dianggap memiliki nilai-nilai relevan bagi kebutuhan masyarakat pendukungnya. Tujuan upacara adat menghormati para leluhur dan Sang Pencipta Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus melestarikan budaya dari generasi ke generasi.

Berikut berbagai upacara adat yang populer di Indonesia beserta asal daerah dan tujuannya:

1. Peusijuk di Aceh

Aceh memiliki upacara adat yang dikenal dengan nama Peusijuk. Upacara adat ini biasa dilakukan oleh masyarakat sebagai ucapan syukur kepada Tuhan dalam acara pernikahan, rumah baru, naik haji, hingga kelahiran.

2. Ngaben di Bali

Upacara adat Bali yang paling dikenal yaitu Ngaben. Prosesi Ngaben merupakan upacara terkait kematian dengan membakar jenazah dan menghanyutkan abu ke laut atau sungai.

3. Kasada di Jawa Timur

Upacara adat Jawa Timur disebut Kasada. Tradisi ini dimiliki oleh suku Tengger yang memeluk agama Hindu untuk meminta pengampunan dari Brahma atau Dewa Pencipta. Dalam upacara adat ini, suku Tengger biasa akan melempar beberapa sesajen ke kawah Gunung Bromo, semisal sayuran, buah-buahan, hasil ternak, hingga uang.

4. Mekikuwa di Sulawesi Utara

Ucap syukur juga biasa dilakukan di Manado, Sulawesi Utara, dengan nama Mekikuwa. Para peserta upacara adat ini mengungkapkan rasa syukur atas pemeliharaan sepanjang tahun kepada Tuhan. Selain itu, mereka memohon agar tuhan memberikan jalan dan berkat kepada tahun yang baru.

5. Dahau di Kalimantan Timur

Upacara Dahau di Kalimantan Timur dilakukan untuk memberikan nama kepada anak yang masih keturunan bangsawan. Ada banyak ritual yang dilakukan dalam upacara adat ini hingga berlangsung satu bulan. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat