visitaaponce.com

Keutamaan Melaksanakan Puasa Tarwiyah dan Arafah

PUASA Tarwiyah dilaksanakan pada hari kedelapan dalam bulan Zulhijah. Puasa Arafah dilakukan pada hari kesembilan dalam bulan Zulhijah.

Pelaksanaan dua puasa itu sangat dianjurkan bagi umat Islam yang tidak pergi haji.

Adapun keutamaan mengerjakan puasa Tarwiyah dan puasa Arafah yaitu dapat menghapus dosa-dosa.

Dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Tirmizi disebutkan bahwa puasa Arafah akan menghapuskan dosa satu tahun sebelum dan satu tahun sesudah puasa.

Baca juga: Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Latin, Arab, dan Artinya

Keutamaan puasa Tarwiyah 

Puasa Tarwiyah dilaksanakan dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha pada 10 Zulhijah. Keutamaannya tercantum dalam salah satu hadis yang berarti bahwa puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun. 

Namun peringkat dari hadis itu dhaif atau tidak kuat riwayatnya. Para ulama sepakat bahwa boleh mengamalkan hadis dhaif hanya dalam rangka fadla'ilul a'mal (untuk memperoleh keutamaan) selagi hadis tersebut tidak berkaitan dengan masalah akidah dan hukum.

Keutamaan puasa Arafah

Hari Arafah merupakan saat puncak orang-orang yang beribadah haji berkumpul untuk wukuf di Padang Arafah, timur kota Mekkah, Arab Saudi.

Waktunya tepat sehari sebelum Hari Raya Idul Adha. 

Baca juga: Niat Puasa Sembilan Hari sebelum Idul Adha: Arab, Latin, dan Artinya

Puasa sunah Arafah bisa menghapus dosa setahun yang lalu dan akan datang. Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Puasa Arafah (9 Zulhijah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. (HR Muslim Nomor 1162). (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat