visitaaponce.com

Indonesia Diminta Jadi Pelopor Lobi ke Arab Saudi Untuk tak Lagi Naikkan Biaya Haji Secara Mendadak

Indonesia Diminta Jadi Pelopor Lobi ke Arab Saudi Untuk tak Lagi Naikkan Biaya Haji Secara Mendadak
Ilustrasi ibadah haji(AFP/Abdel Ghani Bashir)

WAKIL Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang mengatakan DPR RI meminta pemerintah mengusahakan dan menjadi pelopor negosiasi dengan Arab Saudi agar kenaikan biaya haji secara mendadak tidak lagi terjadi serta jika bisa diikutsertakan dalam pengaturan pelaksanaan haji.

"Mungkinkah para negara-negara Islam pengirim jemaah haji melakukan nego-nego dengan pihak Pemerintah Arab Saudi," ucapnya dalam Dialektika Demokrasi di Media Center Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (2/6).

Dirinya mengusulkan harus dilakukan negosiasi, jika Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tidak bisa maka beberapa negara yang menjadi pelopor, supaya Arab Saudi memberi ruang bagi negara-negara pengirim jemaah haji untuk diikut sertakan dalam pengaturan pelaksanaan haji.

Baca juga : Kunjungan Wisman Naik, Pariwisata Terindikasi Pulih

Paling tidak tidak hanya berkaitan dengan hukum-hukum ibadah, tetapi proses pun diikutkan, sehingga segala sesuatu yang muncul pembiayaan, negara-negara pengirim akan paham hal itu.

"Memang kalau sekarang Saudi mengatakan bahwa itu negaranya, padahal hak untuk melaksanakan ibadah haji itu untuk umat Islam. Nah ketika itu harus ada persinggungan antara hak melaksanakan ibadah dan biaya yang muncul yang harus ada kompromi dan tidak tiba-tiba langsung Masyair dan ditambah 4.300 riyal itu luar biasa," ungkapnya.

"Kami kira ini pemikiran yang berkembang di komisi VIII dan segera setelah selesai urusan-urusan ini semua, kita akan kembali rapat persiapan dan antisipasi perjalanan berikutnya," pungkasnya. (OL-7)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat