visitaaponce.com

Ragam Olahan Bergizi Tinggi

Ragam Olahan Bergizi Tinggi
(Sumber: Kementerian Kelautan dan Perikanan/Kementerian Perindustrian/ITB/Litbang MI)

AGROWISATA wisata rumput laut sesungguhnya memiliki banyak aspek keekonomian yang dapat dikembangkan. Selain wisata edukasi dari kegiatan-kegiaatan pertanian, hasil panen rumput laut dapat diolah menjadi beragam produk segar ataupun olahan.

Rumput laut segar dapat menjadi sajian-sajian segar, seperti topping atau isian minuman kelapa muda, yang dapat langsung dihidangkan kepada wisatawan. Di samping itu, dapat pula dibuat ragam camilan seperti salad dan permen rumput laut yang kesemuanya bergizi tinggi. Untuk skala industri menengah dan besar, beberapa pengolahan yang dapat dilakukan seperti isolasi alginat, isolasi agarosa, dan pembuatan nori lokal dapat menjadi pilihan.

Ragam olahan rumput laut ini juga memiliki daya tarik sebagai makanan sehat karena senyawa-senyawanya yang aman bagi penderita penyakit tertentu, dan bahkan dapat membantu mengobati suatu penyakit. Seperti yang diketahui, rumput laut memiliki kandungan air yang sangat tinggi, bisa mencapai 90% dari keseluruhan rumput laut, bergantung pada jenisnya. Karena itu, tim pun telah melakukan analisis sampel kering rumput laut yang telah dibersihkan dari kandungan garam.

Penelitian yang dilakukan di Laboratorium Kimia Analitik ITB terhadap sampel kering secara mandiri menunjukkan bahwa abu (mineral), karbohidrat, protein, dan lemak berturut-turut adalah empat kandungan terbanyak di rumput laut selain air. Analisis ini penting dilakukan untuk pengembangan rumput laut yang lebih serius, dengan kualitas rumput laut menjadi tolok ukur utama.

Jenis karbohidrat di dalam rumput laut berbeda dengan karbohidrat yang umum dikonsumsi oleh kita. Jenis karbohidrat yang menjadi kandungan utama di dalam rumput laut bukanlah amilosa dan amilopektin yang menjadi sumber karbohidrat utama manusia. Dengan begitu, berbagai penelitian ilmiah menunjukkan rumput laut aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Hal lain yang perlu diketahui ialah lemak yang terkandung dalam rumput laut tidak hanya asam lemak yang umum dikonsumsi dalam minyak goreng, tetapi dapat juga berupa fospolipid, glikolipid, sterol, dan oksilipins. Penelitian yang ada menunjukkan bahwa beberapa jenis rumput laut dapat membantu pengobatan pada penderita kolesterol.

Untuk pengolahan berbagai bentuk makanan dari rumput laut ini, pemerintah, LSM, ataupun akademisi dapat memberikan pelatihan dan pendampingan. Terlebih, tidak sedikit hasil olahan rumput laut yang belum berkualitas baik sehingga harga jualnya menjadi rendah.

Sebagai contoh, alginat yang dihasilkan dari alga cokelat memiliki harga Rp200.000 per kilogram untuk kualitas yang cukup baik, tetapi tidak murni. Ketika dilakukan pemurnian sehingga memiliki kualitas penelitian dapat berharga hingga Rp3 juta untuk kuantitas yang sama. Tentu diperlukan teknologi yang cukup mahal demi mendapatkan produk berkualitas tinggi tersebut sehingga diperlukan investor yang serius untuk pengembangannya.

Pada jangka yang lebih panjang, pemerintah daerah dapat mendorong pendirian lembaga penelitian baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan lembaga penelitian yang telah ada untuk fokus pada pengembangan rumput laut Pantai Sayang Heulang. (Handajaya Rusli/M-1)

 

Biodata

Nama: Handajaya Rusli

Tempat, tanggal lahir: Padang, 4 Agustus 1987

 

Jabatan:

Pengajar di Program Studi Kimia ITB

Staf Kelompok Keilmuan Kimia Analitik ITB

 

Pendidikan:

. S-3 (Kimia Analitik, Institut Teknologi Bandung, 2015)

. S-2 (Kimia Analitik, Institut Teknologi Bandung, 2010)

. S-1 (Kimia Analitik, Institut Teknologi Bandung, 2009)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat