visitaaponce.com

Kemudahan Parkir Disebut akan Tingkatkan Kunjungan ke Mal

Kemudahan Parkir Disebut akan Tingkatkan Kunjungan ke Mal
Warga memarkir kendaraan mereka di area parkir Hyper Mal, Bekasi, Jawa Barat.(ANTARA/Risky Andrianto)

ASOSIASI Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menilai kemudahan dan inovasi di area parkir bisa mendorong masyarakat untuk kembali mengunjungi mal, seiring dengan melonggarnya pembatasan aktivitas.

"Di mal itu, pengunjung berbelanja, bukan membeli barang. Aktivitas belanja itu harus dirancang agar memberikan pengalaman yang menyenangkan," kata Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjadja, dalam siaran pers, dikutip Rabu (27/7).

Dia menyebut aktivitas belanja di mal memiliki unsur perjalanan, berbeda dengan belanja melalui aplikasi dalam jaringan. Perjalanan berbelanja di mal sebaiknya dimulai dari kesenangan yang dirasakan saat pengunjung masuk sampai meninggalkan area parkir mal.

Baca juga: Wahana Air Rooptop Pertama di Bekasi, Hadir di Grand Metropolitan

Temuan mereka, area parkir beberapa kali menjadi sumber ketidaknyamanan pengunjung, seperti transaksi parkir tidak praktis, kesulitan mencari area istirahat di tempat parkir (parking bay), dan antrean panjang baik saat masuk atau keluar tempat parkir.

Inovasi pada sistem parkir perlu menggunakan tiga prinsip utama, yaitu kemudahan, kecepatan, dan keamanan. 

APPBI melihat setelah peraturan aktivitas di luar ruangan melonggar, mereka masih memiliki tantangan yaitu merangsang kembali minat masyarakat untuk datang langsung ke pusat perbelanjaan.

Pandemi covid-19 yang melanda dua tahun belakangan membuat masyarakat beralih ke belanja secara daring melalui berbagai aplikasi belanja online.

Data internal APPBI menunjukkan ada 20% masyarakat Indonesia yang tetap memilih belanja secara daring meski pun kapasitas mal sudah buka 100%.

"Sebanyak 20% masyarakat yang tidak akan kembali itu, memang menganggap mall dan pusat belanja sekadar tempat membeli barang," kata Alphonzus.

Mal, seiring perkembangan zaman, tidak lagi sekadar menjadi tempat membeli barang, tapi, juga tempat hiburan dan rekreasi. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat