visitaaponce.com

Hari Ini, 3.928 Jemaah Haji Indonesia akan Dipulangkan

Hari Ini, 3.928 Jemaah Haji Indonesia akan Dipulangkan
Pekerja dari maskapai penerbangan menimbang sejumlah koper milik jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi.(MI/Susanto)

PADA operasional kepulangan jemaah haji 1443H/2022M, jemaah yang sudah tiba di Tanah Air sebanyak 51.545 orang. Lalu, pada Senin (1/8) ini, 11 kloter jemaah haji Indonesia akan dipulangkan menuju 9 debarkasi.

"Sebanyak 9 debarkasi, yaitu Banjarmasin (BDJ), Aceh (BTJ), Jakarta Pondok Gede (JKG), Jakarta Bekasi (JKS), Medan (MES), Palembang (PLN), Solo (SOC), Surabaya (SUB) dan Ujung Pandang (UPG) sebanyak 3.928 orang," jelas Plh Kepala Biro HDI Kemenag Wawan Djunaedi dalam konferensi pers, Senin (1/8).

Adapun rinciannya, yakni BDJ 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 354 orang. Lalu, BTJ juga 1 kloter sebanyak 62 orang. Kemudian, JKG dan JKS masing-masing 2 kloter dengan jemaah masing-masing 406 orang.

MES satu kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 273 orang. PLN hanya 1 kloter dengan jumlah jemaah 445 orang. Lalu, SOC 2 kloter dengan jemaah 711 orang. SUB 2 kloter juga sebanyak 882 orang dan UPG hanya 1 kloter, dengan jemaah dan petugas sebanyak 389 orang.

Kemenag mengungkapkan hingga saat ini, seluruh jemaah haji Indonesia yang masih berada di Arab Saudi merupakaan jemaah yang masuk kelompok terbang gelombang kedua. Adapun seluruhnya sudah berada di Kota Madinah.

"Sedangkan jemaah haji Indonesia yang masuk kelompok terbang gelombang pertama, seluruhnya telah dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah," imbuh Wawan.

Kondisi cuaca di Mekkah dan sekitarnya terpantau dengan rata-rata suhu tertinggi 40 derajat Celcius, kemudian Madinah 42 derajat Celcius. Pemerintah tetap mengimbau seluruh jemaah haji Indonesia agar jangan menunggu haus untuk minum.

"Selalu memakai masker ketika berkumpul di dalam ruangan maupun ketika di hotel, Masjidil Haram maupun di Masjid Nabawi," pungkasnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat