visitaaponce.com

PT DI danUAC Jalin Kerja Sama Perawatan C-130

PT DI dan UAC Jalin Kerja Sama Perawatan C-130
Pesawat C-130 milik Angkatan Udara Indonesia mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang, Aceh.(AFP/CHAIDEER MAHYUDDIN)

BADAN usaha milik negara (BUMN) di bidang manufaktur pesawat terbang PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan Unity Accipiter Corporation (UAC), bagian dari Unity Resources Group yang berbasis di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS) telah menandatangani general operation agreement (GOA) eksklusif terkait perawatan, perbaikan, dan overhaul (MRO) C-130. Kerja sama ini bernilai hingga US$150 juta dan ditandatangani pada 22 Juli 2022 di kantor pusat Kementerian Pertahanan.

Kerja sama itu akan memungkinkan PT DI menggelar seluruh cakupan MRO pesawat C-130, sebuah pesawat yang telah memiliki peran strategis dalam melayani berbagai kepentingan nasional. 

PT DI akan dapat membantu memastikan kesiapan armada C-130 Indonesia untuk terus memenuhi misinya, yaitu mengantarkan muatan penting dengan cepat bahkan ke pelosok terjauh di Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Akui Pengembangan Pesawat N219 Amphibi Terkendala Anggaran

"Kami senang dapat memulai kerja sama ini dengan cepat bersama UAC karena C-130 merupakan aset penting bagi Indonesia," kata Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Gita Amperiawan. "Kami juga sangat senang bisa mengembangkan kemampuan baru di PT DI untuk merawat C-130 dan memastikannya siap terbang. Kemampuan ini juga akan memperkuat posisi kami sebagai salah satu penyedia layanan penerbangan terdepan di Indonesia."

Pada kerja sama ini, PT DI akan menyediakan antara lain fasilitas, infrastruktur, dan insinyur perawatan pesawat. Sementara UAC akan menyediakan bantuan teknis, pelatihan, dan perlengkapan khusus untuk memungkinkan seluruh cakupan MRO C-130 dapat terlaksana di dalam fasilitas PT DI. UAC juga akan menyediakan akses untuk suku cadang yang dibutuhkan.

"PT DI memiliki sejarah panjang di bidang manufaktur dan perawatan pesawat, membuatnya jadi perusahaan rujukan untuk berbagai keperluan industri penerbangan di wilayah ini," kata Chairman Unity Resources Group Gaurav Srivastava. "Kami senang dapat bekerja sama dan membantu mengembangkan kemampuan PT DI dalam hal menyediakan layanan strategis. Kami menantikan kerja sama yang sukses di masa depan Bersama PT DI." (RO/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat