visitaaponce.com

Urutan Takson Tumbuhan dan Hewan dari Kelompok Terbesar ke Terkecil

Urutan Takson Tumbuhan dan Hewan dari Kelompok Terbesar ke Terkecil
Seekor burung hantu (Stirigiformes) dilepasliarkan di Pondok Pesantren Baitul Hidayah, Desa Mandalamekar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.(Antara/Raisan Al Farisi.)

TAKSON merupakan tingkatan makhluk hidup dalam sistem klasifikasi. Makhluk hidup dikategorikan berdasarkan ciri-ciri umum sampai ke paling khusus. 

Berbagai macam makhluk hidup dengan karakteristik masing-masing. Kita bisa melihat perbedaan mereka, baik dari fisik maupun tingkah laku.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, taksonomi adalah cabang biologi yang menelaah penamaan, perincian, dan pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan pembedaan sifatnya. Makhluk hidup yang akan kita bahas di sini dibagi dua yaitu hewan (filum) dan tumbuhan (divisi). 

Urutan takson untuk hewan dan tumbuhan yaitu dari kingdom hingga spesies. Namun, ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Berikut urutan takson tumbuhan dan hewan dari kelompok terbesar ke kelompok terkecil.

Urutan takson tumbuhan dari kelompok terbesar ke kelompok terkecil

Kingdom (kerajaan)
Divisio (divisi)
Classis (kelas)
Ordo (bangsa)
Familia (famili)
Genus (marga)
Species (spesies)

Urutan takson hewan dari kelompok terbesar ke kelompok terkecil 

Kingdom (kerajaan)
Phylum (filum)
Classis (kelas)
Ordo (bangsa)
Familia (famili)
Genus (marga)
Species (spesies)

Dalam penamaan tata nama binomial, penamaan suatu jenis makhluk hidup yaitu dengan nama marga (selalu diawali dengan huruf besar) dan nama jenis (selalu diawali dengan huruf kecil) yang dicetak miring atau ditulis dengan garis bawah. Tata nama binomial ini diusulkan oleh Carolus Linnaeus, seorang naturalis dari Swedia. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat