visitaaponce.com

Bagian-Bagian Telinga Manusia dan Fungsinya

Bagian-Bagian Telinga Manusia dan Fungsinya
Ilustrasi.(DOK sciencekids.co.nz.)

TELINGA punya peran yang penting pada tubuh manusia. Organ tubuh satu ini merupakan organ yang bertanggung jawab untuk indera pendengaran.

Fungsi dari telinga yaitu menangkap dan mengubah bunyi berupa energi mekanis menjadi energi elektris secara efisien dan diteruskan ke otak untuk disadari dan dimengerti. Dalam proses tersebut, reseptor khusus dalam telinga melakukan perannya untuk mengenali getaran bunyi itu. Manusia dapat mendengar suara-suara dengan frekuensi antara 20 Hz dan 20.000 Hz.

Telinga juga berfungsi untuk keseimbangan tubuh. Agar tubuh dapat mencapai keseimbangan, tubuh memerlukan kombinasi yang baik antara organ sensorik di telinga bagian dalam, input visual, dan informasi yang diterima dari reseptor dalam tubuh, terutama di sekitar sendi. Informasi akan diproses di otak kecil dan korteks otak yang memungkinkan tubuh untuk mengatasi perubahan kecepatan dan arah kepala.

Bagian-bagian telinga

Telinga terdiri dari tiga bagian dengan struktur dan fungsinya masing-masing. Di bawah ini bagian-bagian dari telinga beserta fungsinya.

1. Telinga bagian luar

Telinga bagian luar terdiri dari daun telinga atau pinna dan rongga telinga luar. Daun telinga berperan untuk mengumpulkan gelombang suara dari lingkungan sekitar dan mengantarnya ke gendang telinga melalui lubang telinga. Lalu rongga telinga luar mempunyai rambut dan kelenjar yang menghasilkan lilin untuk merekatkan kotoran dan juga mencegah benda asing seperti air masuk lebih dalam.

2. Telinga bagian tengah

Pada bagian tengah telinga, terdapat gendang telinga, tuba eustachius, dan tiga tulang kecil yang berfungsi menyalurkan getaran suara dari gendang telinga ke telinga bagian dalam. Tulang-tulang tersebut adalah tulang martil (malleus), tulang landasan (incus), dan tulang sanggurdi (stapes). 

Gendang telinga akan menerima getaran suara dari luar yang tersalur melalui rongga telinga. Selanjutnya tuba eustachius yang merupakan saluran penghubung telinga tengah dan rongga mulut atau rongga faring memiliki fungsi menyamakan tekanan udara antara telinga bagian dalam dengan tekanan udara luar. Gendang telinga dapat pecah jika terjadi perbedaan tekanan yang cukup besar pada luar dan dalam telinga.

3. Telinga bagian dalam

Secara umum, telinga bagian dalam bertindak untuk pengoperasian indera keseimbangan tubuh. Telinga bagian dalam memiliki bentuk yang kompleks hingga sering disebut sebagai labirin. 

Dua bagian utama di telinga bagian dalam yaitu kanal semisirkularis dan koklea. Pada kanal semisirkularis terdapat tiga saluran setengah lingkaran dan reseptor keseimbangan. 

Bagian berikutnya ialah koklea atau rumah siput yang memiliki alat kortil yang mengandung saraf pendengar atau alat pendengaran di dalamnya. Tak hanya itu, koklea mempunyai cairan limfe. Di dalam koklea, cairan itu disebut endolimfe. Untuk di luar koklea disebut perilimfe.

Itulah bagian-bagian telinga beserta fungsinya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat