visitaaponce.com

Asmaul Husna Allah Al-Alim Maha Mengetahui tanpa Batas

Asmaul Husna: Allah Al-'Alim Maha Mengetahui tanpa Batas
Tulisan arab Al-Alim.(DOK @limofficial-lirboyo di Instagram. )

KALI ini kita akan membahas tentang Al-'Alim sebagai salah satu nama Allah SWT dari asmaul husna. Asmaul husna merupakan nama-nama baik yang dimiliki Allah yang terdiri dari 99 nama.

Namun kali ini kita membahas kisah di balik nama Al-'Alim. Berikut penjelasannya sebagaimana dilansir @limofficial-lirboyo di Instagram. 

Pengertian Al-Alim

Bila ilmu Allah diibaratkan lautan, ilmu manusia hanyalah seciduk air yang diambil dari-Nya. Salah satu nama Allah ialah Al-'Alim. Maknanya ialah Zat Yang Maha Mengetahui.

Baca juga: Asmaul Husna, Allah Al-Fattah Pembuka Jalan Keluar Semua Masalah

Dipandang dari jumlahnya, ilmu Allah tidak ada batasnya. Ilmu Allah meliputi segala sesuatu luar dan dalamnya, detail dan globalnya, awal dan akhirnya, masa lalu dan masa depannya.

Manusia alah salah satu mahkluk Allah yang berpotensi memiliki ilmu. Namun manusia tidak menghasilkan ilmunya sendiri. 

Ilmu manusia bersumber dari Allah. Sebanyak apapun ilmu manusia, tidak mengurangi sedikit pun ilmu-Nya. 

Baca juga: Asmaul Husna Allah Ar-Razzaq Maha Memberi Rezeki kepada Makhluk

Beda ilmu Allah dan manusia

Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali dalam Maqshadul Asna menyebutkan tiga perbedaan ilmu Allah dan ilmu manusia. Pertama, jumlah ilmu Allah tidak terbatas, sedangkan ilmu manusia meski luas sekali pun ada batasnya. 

Kedua, ilmu Allah menyingkap sesuatu hingga tingkatan yang paling jelas, bahkan hingga yang ada di balik sesuatu itu. Sedangkan dengan ilmunya, manusia hanya mampu menyingkap sesuatu seperti melihat sesuatu dari balik selubung yang tipis. 

Ketiga, ilmu Allah tidak berasal dari sesuatu tetapi muncul dari ilmu Allah. Sedangkan ilmu manusia hanya mengekor pada sesuatu dan muncul dari sesuatu itu. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat