visitaaponce.com

Media Indonesia Kembali Gelar Festival Sastra dan Bahasa

Media Indonesia Kembali Gelar Festival Sastra dan Bahasa
Festival Bahasa dan Sastra 2021 yang diselenggarakan Harian Media Indonesia di Grand Studio Metro TV, Jakarta.(MI/Susanto)

MEDIA Indonesia kembali menggelar Festival Sastra dan Bahasa 16 September hingga 31 Oktober 2022. Temah festival yang diusung pada tahun ini yakni tentang berkaitan dengan lingkungan.

"Seperti pada tahun lalu, kick-off Festival Sastra dan Bahasa Indonesia tahun ini dimulai dengan pembukaan sayembara cerita pendek (cerpen). Pendaftaran untuk sayembara cerpen dimulai sejak hari ini, dan ditutup pada 15 Oktober mendatang," kata Panitia Festival Irana S saat dihubungi, Jumat (16/9).

Tahun ini, Festival Sastra dan Bahasa mengangkat tema yang berkaitan dengan lingkungan, yang sekaligus menjadi tema besar yaitu Sastra untuk Menyelamatkan Bumi. Tema ini dipilih karena masih ada lanjutan dari tema sayembara tahun lalu yakni dunia pascapandemi.

"Kita paham, pada saat pandemi covid-19 tahun lalu sangat intens, banyak aktivitas manusia yang terhenti. Hal itu ternyata membuat Bumi kita sempat bernafas lebih lega. Salah satu contoh paling dekat barangkali adalah relatif berkurangnya polusi harian di langit Ibu Kota," ujarnya.

Baca juga: Cara Menerapkan Digital Marketing untuk Pemula

Lomba yang diadakan yakni sayembara cerpen dan lomba konten berbahasa Indonesia di platform TikTok. Ini salah satu hal baru di festival tahun ini.

"Karena kami melihat ada animo yang cukup baik dari publik di akun TikTok Media Indonesia, khususnya dari Gen-Z. Jadi, rasanya tahun ini perlu diakomodasi dengan lebih spesifik," ungkapnya.

Syarat dan ketentuan lomba diumumkan pada postingan media sosial Media Indonesia. Selain itu, akan ada juga program istimewa di medsos, seperti Nunggu Sunset Spesial dan Eksperimen Berbahasa Gaul.

Nantinya, para pemenang lomba konten TikTok maupun sayembara cerpen akan diumumkan dalam acara puncak Festival Sastra dan Bahasa Indonesia, pada Senin, 31 Oktober 2022. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat