visitaaponce.com

Ingin Membuat Magnet Ini Cara-Cara Paling Sederhana

Ingin Membuat Magnet? Ini Cara-Cara Paling Sederhana
Ilustrasi(Freepik)

MAGNET merupakan sebuah benda yang memiliki kemampuan menarik benda lainnya yang umumnya bersifat logam. Namun, jarak tarik menarik dalam magnet adalah terbatas, tergantung pada ukuran magnet yang mempengaruhi kuatnya tarikan serta sifat logam tertentu yang memiliki daya tarik yang kuat dengan magnet. Jarak ini disebut juga dengan medan magnet.

Baca juga: Mengenal Rangkaian Paralel, Kelebihan dan Kekurangannya serta Rumus

Ternyata, Anda dapat membuat magnet sendiri. Berikut ini adalah tiga cara membuat magnet dengan sederhana.

1. Menggosokan magnet dengan benda feromagnetik

Cara pertama untuk membuat magnet adalah dengan menggosokan magnet permanen dengan benda feromagnetik. Benda feromagnetik merupakan benda yang memiliki sifat kemagnetan dan dapat ditarik oleh magnet, seperti besi, nikel, dan baja. 

Dengan menggosokan magnet pada benda feromagnetik, benda tersebut akan mengandung sifat magnet untuk dapat menarik benda lainnya.

2. Melalui induksi magnet

Cara kedua yaitu dengan mendekatkan magnet permanen yang akan bersifat sebagai sumber daya tarik, dengan benda feromagnetik yang akan menjadi konduktor. 

Maka, benda feromagnetik nantinya akan mengandung sifat magnetik untuk dapat menarik benda benda lainnya seperti besi, baja, dan nikel.

3. Melalui induksi elektromagnetik

Cara yang terakhir untuk dapat membuat magnet adalah dengan mengalirkan daya listrik, melalui baterai dengan menghubungkannya pada kawat besi yang bersifat konduktor pada benda feromagnetik, seperti besi, baja, dan nikel. 

Dengan memberi daya listrik pada benda feromagnetik, juga akan memberikan sifat magnet pada benda tersebut untuk menarik benda lainnya. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat