visitaaponce.com

Nadiem Makarim Terinspirasi Model Pendidikan ala Pendiri Nahdlatul Ulama

Nadiem Makarim Terinspirasi Model Pendidikan ala Pendiri Nahdlatul Ulama
Nadiem Makarim.(DOK Pribadi.)

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim mengaku terinspirasi dengan model pendidikan yang diterapkan pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari. Menurutnya, model pendidikan KH Hasyim Asy'ari yang memanusiakan manusia terbukti berhasil mencetak generasi penerus yang berkarakter, beretika, kuat, tangguh.

"Perjalanan panjang NU sebagai organisasi terbesar yang menggerakkan dunia pendidikan di Indonesia telah memberikan banyak sekali inspirasi, terutama bagi saya dalam memahami nilai nilai pendidikan. Salah satunya ialah ajaran dari Mahaguru KH Hasyim Asyari yang menunjukkan kepada kita bahwa tujuan utama dari pendidikan ialah memanusiakan manusia," kata Nadiem dalam acara Halaqah Kebangsaan Alim Ulama Se-DKI Jakarta di Aula Universitas Negeri Jakarta, Sabtu (1/10).

Menurut Nadiem, prinsip-prinsip pendidikan yang diwariskan KH Hasyim Asy'ari sangat holistik dan senantiasa relevan dari masa ke masa. "Karena pendidikan yang memanusiakan manusia itu berarti pendidikan yang menyentuh seluruh dimensi manusia, mulai dari dimensi pengetahuan, kognisi, karakter, moral, hingga agama. Bahkan softskill juga termasuk dari bagian ajaran tersebut," tegas Nadiem.

Pada kesempatan ini, Nadiem mengaku telah menerapkan metode pendidikan memuliakan dan memajukan umat manusia ala KH. Hasyim Asyari dalam sistem pendidikan Indonesia. "Prinsip pendidikan tersebut akan terus saya pegang teguh dalam mentransformasi dunia pendidikan indonesia demi menyiapkan generasi ini dan generasi mendatang," katanya.

Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) DKI Jakarta Mulyadin Permana menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam mencetak generasi yang berkarakter kuat, berakhlak, unggul, dan berdaya saing global. "Pemerintah melalui Mendikbud-Ristek (Nadiem) harus mempersiapkan SDM melalui pendidikan yang berkualitas. Kelompok masyarakat seperti Nahdlatul Ulama menjadi bagian penting dalam upaya penguatan sumber daya manusia baik melalui penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pembinaan, maupun dakwah-dakwah yang disampaikan oleh para ulama NU," kata dia. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Maarif dan sejumlah alim ulama DKI Jakarta. (RO/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat