visitaaponce.com

Komnas HAM Pantau Penanganan Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Komnas HAM Pantau Penanganan Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan
Ahmad Taufan Damanik.(Dok MI)

KOMNAS HAM RI menyampaikan keprihatinan dan duka cita yang mendalam atas kerusuhan yang terjadi usai pertandingan sepak bola Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu malam (1/10).

Tragedi tersebut mengakibatkan korban meninggal sejumlah 129 orang serta ratusan korban mengalami luka-luka.

Baca juga: Edukasi Konsumen Tingkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Lingkungan

Merespons kerusuhan ini, Komnas HAM RI meminta pemerintah daerah beserta jajaran terkait melakukan penanganan kesehatan yang intensif serta layanan kemanusiaan bagi korban. 

"Komnas HAM RI juga meminta kepolisian untuk mengusut peristiwa ini.Menyikapi kerusuhan ini, Komnas HAM RI akan menurunkan tim untuk melakukan pemantauan di Malang," kata Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik dalam keterangan resmi, Minggu (2/10). 

Sebelumnya, usia laga sepak bola Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu malam (1/10) sebagian suporter turun ke lapangan meluapkan emosi karena Arema FC kalah dari Persebaya dengan skor 2-3. 

Guna menghalau suporter, kepolisian diduga menembakkan gas air mata. Akibatnya, para penonton yang masih memenuhi stadion berlarian panik untuk keluar dari stadion. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat