visitaaponce.com

Ditemukan Golongan Darah Baru Bernama Er

Ditemukan Golongan Darah Baru Bernama Er!
Ilustrasi(Antara)

PARA ilmuwan berhasil menemukan golongan darah baru. Dilansir dari The Hill, 4 Oktober 2022, golongan darah baru itu diberi nama golongan darah Er.

Er menjadi golongan darah ke-44 yang dideskripsikan. Selain itu, sudah ada golongan darah lainnya, seperti yang paling umum dikenal yakni A, B, O, dan Rh.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Blood, secara total ada lima antigen Er dalam kelompok ini berdasarkan variasi genetik pada protein Piezo1. Protein ini ditemukan pada permukaan sel darah merah.

Antibodi yang cocok dengan antigen Er dapat menempel padanya dan menyebabkan sel kekebalan menyerang sel yang tidak cocok. Ini juga dapat terjadi dalam kasus lain, para dokter dan praktisi kesehatan bekerja untuk menghindari ketidakcocokan ini.

Antigen Er ditemukan bertahun-tahun yang lalu, tetapi penelitian ini adalah yang pertama untuk menggambarkan mutasi antigen yang berbeda. Ini termasuk dua versi antigen yang sebelumnya tidak diketahui.

"Menemukan sistem golongan darah baru seperti menemukan planet baru. Ini memperbesar lanskap realitas kita," kata Daniela Hermelin, dari Fakultas Kedokteran Universitas Saint Louis, kepada WIRED.

Meski begitu, Hermelin sendiri tidak terlibat dalam penelitian ini. Menurutnya, perbedaan dalam kompatibilitas kelompok Er mungkin jarang terjadi, tetapi penting bagi dokter dan perawat untuk memperhatikan jika mereka mengalami kesulitan mendiagnosis pasien mereka.(H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat