visitaaponce.com

Pantangan Setelah KB Implan, Apa Saja

Pantangan Setelah KB Implan, Apa Saja?
Sejumlah pelajar mendapat pejelasan mengenai alat kontrasepsi dari petugas BKKBN di Indramayu, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.(ANTARA)

KB Implan adalah salah satu jenis dari kontrasepsi yang bertujuan untuk menggagalkan pembuahan pada saat dilakukannya hubungan intim. KB implan bekerja dengan melepas hormon progestin pada wanita dan menekan ovulasi. Lalu, ketahui apa saja yang menjadi pantangan pasca pemasangan KB implan.

PANTANGAN SETELAH KB IMPLAN

KB implan berbentuk tabung tipis dengan panjang 40 mm dan lebar 2 mm yang akan dipasangan di bawah kulit pada bagian bawah lengan atas. KB ini bekerja dengan cara menebalkan lendir pada leher mulut rahim dan menipiskan dinding rahim, sehingga sperma sulit untuk membuahi sel telur. Lalu, terdapat beberapa pantangan, pasca pemasangan KB implan pada wanita, berikut kami uraikan.

Baca juga: Pemeriksaan Payudara untuk Deteksi Kanker Sudah Bisa Dilakukan Sejak Remaja

1. Melakukan Aktivitas Berlebihan
Melakukan aktivitas berat dan berlebihan, terutama yang berhubungan dengan beban yang menggunakan lengan akan sangat tidak dianjurkan. Gal ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan bahkan infeksi pada area sekitar lengan.

2. Selektif Dalam Memilih Obat Obatan
Pasca melakukan pemasangan KB implan, maka beberapa jenis obat yang tidak sesuai pada tubuh sebaiknya dikurangi bahkan dihilangkan. Karena obat dapat mengganggu hormon yang bekerja pada KB implan. Maka, konsultasikan kepada dokter mengenai pemasangan KB implan dan penyesuaian obat yang dikonsumsi.

3. Tidak Menjaga Kebersihan
Pasca pemasangan KB implan, penting untuk menjaga kesterilan dan kebersihan tubuh terutama area sekitar pemasangan KB Implan. Hal ini bertujuan untuk mencegah serangan bakteri dan virus yang masuk, apabila kebersihan di area sekitar lengan tidak terjaga.

4. Lakukan Konsultasi dengan Dokter
Melakukan diagnosa sendiri mengenai KB implan yang dipasang adalah hal yang salah. Selalu lakukan konsultasi dan laporan kepada dokter mengenai kondisi KB implan yang dipasang. Dan jangan lakukan pencabutan dan pemasangan tanpa bantuan dari ahli kesehatan. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat