visitaaponce.com

Delapan Rekomendasi Museum Nasional Terpopuler di Indonesia

Delapan Rekomendasi Museum Nasional Terpopuler di Indonesia
Sejumpah peserta olahraga bersepeda mengunjungi objek wisata Museum Tsunami di Banda Aceh, Aceh, Minggu (24/7/2022).(Antara/Ampelsa.)

MUSEUM memiliki keberadaan yang sangat penting. Tidak hanya sebagai tempat penyimpanan benda-benda dan koleksi foto peristiwa-peristiwa bersejarah, museum bisa menjadi tempat wisata yang seru.

Selain itu, museum memiliki tanggung jawab dan fungsi untuk melestarikan, membina, sekaligus mengembangkan budaya masyarakat baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud. Melalui pesan-pesan yang dirangkai lewat display dan ruang pameran, museum di Indonesia berfungsi sebagai sarana komunikasi dan jembatan penghubung yang dapat memicu kesadaran dan pengetahuan bagi masyarakat.

Berikut delapan rekomendasi museum terpopuler yang bisa kalian kunjungi di Indonesia. 

Museum Angkut, Batu

Museum Angkut Plus Movie Star Studio merupakan museum transportasi modern pertama di Indonesia. Museum berlokasi di Kota Batu yang juga didaulat sebagai Kota Wisata di Jawa Timur. Untuk tiket masuk Museum Angkut Batu Malang juga masih relatif pas di kantong.

Sejak dibuka pada 2014, museum ini sudah menyedot banyak wisatawan tiap tahun. Bagaimana tidak, idenya yang brilian itu membuatnya tercatat sebagai museum transportasi pertama di Asia.

Di dalamnya ada kurang lebih 300 koleksi alat transportasi yang terpajang di atas area seluas 3,8 hektare. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang menggemari tipe-tipe mobil klasik harus menyempatkan diri datang ke sini.

Harga tiket masuk Museum Angkut reguler sebesar Rp110.000 (weekend dan weekday). Harga tiket masuk Jatim Park 1 + Museum Angkut sebesar Rp140.000 (weekday) dan Rp160.000 (weekend). 

Museum Nasional/Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti, arca-arca, hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia.

Berikut harga tiket Museum Nasional:

1. Pengunjung perorangan

a. Dewasa Rp5.000.
b. Anak-anak Rp2.000.

2. Pengunjung rombongan (minimum 20 orang)

a. Dewasa Rp3.000.
b. Anak-anak (TK-SMA) Rp1.000

3. Pengunjung asing Rp10.000.

Waktu operasional Museum Nasional yaitu Selasa-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk Sabtu-Minggu pukul 08.00-17.00.
Lokasi Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Museum Bank Indonesia

Jika kamu ingin mempelajari sejarah keuangan dan perekonomian di Indonesia, Museum Bank Indonesia ialah tempat yang tepat. Kamu bisa melihat diorama metode perbankan pada masa lampau juga perjalanan perbankan di Indonesia, termasuk saat Indonesia mengalami krisis moneter.

Harga tiket Museum Bank Indonesia sebesar Rp5.000 per orang. Jam operasional Selasa-Jumat pukul 07.30-15.30 dan
Sabtu-Minggu pukul 08.00-16.00. Lokasinya di Jalan Jembatan Batu Nomor 3, Pinangsia, Tamansari, RT3 RW 6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat.

Museum Fatahillah/Museum Sejarah Jakarta

Sama seperti Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta juga berada di Kota Tua. Museum Sejarah Jakarta dulu merupakan bekas kantor gubernur Batavia. Di museum ini kamu akan melihat berbagai peninggalan kependudukan Belanda saat di Batavia, termasuk penjara bawah tanah.

Harga tiket Museum Fatahillah untuk dewasa Rp5.000 dan anak-anak Rp 2.000. Jam operasional Museum Fatahillah
Selasa-Minggu pukul 9.00-15.00. Lokasi Museum Fatahillah di Jalan Taman Fatahillah Nomor 1, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. 

Museum Bank Mandiri

Bank Mandiri termasuk pelopor perbankan di Indonesia. Di Museum Mandiri, perjalanan panjang perbankan di Indonesia, khususnya Bank Mandiri bisa dipelajari. Pengunjung bisa menemukan hal-hal unik seperti mesin ATM jadul yang tentu sudah jauh berbeda dengan mesin ATM yang ada kini.

Harga tiket Museum Mandiri sebesar Rp5.000 per orang. Waktu operasional Museum Mandiri dari Selasa-Minggu pukul 9.00-15.00. Lokasi Museum Mandiri di Jalan Lapangan Stasiun Nomor 1 RT 3 RW 6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat.

Museum Wayang

Wayang merupakan salah satu kebudayaan Indonesia. Untuk kamu yang tertarik mempelajari wayang, Museum Wayang di Kota Tua ini merupakan destinasi museum di Jakarta yang layak kamu kunjungi.

Harga tiket Museum Wayang sebesar Rp5.000 per orang. Waktu operasional Museum Wayang dari Selasa-Jumat pukul 09.00-15.00 dan Sabtu-Minggu 09.00-20.00. Lokasi Museum Wayang di Jalan Lada Nomor 23 RT 7 RW 7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat.

Museum Siwalima, Ambon

Museum Siwalima terletak di kawasan Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Menurut sejarah, nama Siwalima diambil dari sejarah kerajaan-kerajaan yang pernah ada di Maluku. 

Museum terpopuler di Indonesia selanjutnya ini tak hanya terkenal karena menyimpan benda-benda bersejarah, tetapi juga memiliki posisi strategis yaitu menghadap Teluk Ambon yang dengan keeksotisannya akan membuat kamu terpesona.
Tiket masuk ke Museum Siwalima sebesar Rp5.000 (dewasa) dan Rp2.000 (anak-anak).

Jam buka museum ini mulai pukul 09.00-16.00 WIT. Alamatnya di Jalan Dr. Malaiholo, Taman Makmur desa Amasuhu, kecamatan Nusaniwe, Ambon, Maluku. 

Museum House of Sampoerna, Surabaya

Museum House of Sampoerna yang terletak di Surabaya dibangun pada 1858. Di 1932 museum tersebut dibeli oleh Liem Seeng Tee untuk dijadikan tempat memproduksi rokok pertama PT Sampoerna. Pada saat ini, gedung tersebut masih dijadikan salah satu tempat produksi rokok.

Museum ini memiliki aula pusat yang luas. Ada dua bangunan kecil di sisi timur dan barat serta ruang terbuka di belakang aula pusat. 

Museum ini menawarkan pengalaman yang unik bagi pengunjung. Kamu bisa melihat langsung pembuatan rokok yang masih dilakukan secara manual dalam produksi rokok Dji Sam Soe melalui kaca.

Jika Anda ingin berkunjung ke sini, museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00. Anda tidak dikenakan biaya masuk alias gratis, tetapi jangan sampai lupa membawa Kartu Tanda Pengenal (KTP).

Museum Tsunami Aceh

Museum terpopuler di Indonesia selanjutnya ialah Museum Tsunami Aceh yang merupakan museum simbolis untuk menghormati peristiwa bencana gampa bumi dan tsunami di Aceh pada 2004. Keunikan dari museum populer di Indonesia satu ini terletak pada arsitekturnya. 

Sang arsitek, Ridwan Kamil, merancang setiap ruang sedemikian rupa sehingga memberikanmu pengalaman tertentu serta sarat akan nilai filosofis yang mendalam. Selain untuk menghormati para korban bencana, Museum Tsunami Aceh menjadi pusat pendidikan serta tempat perlindungan darurat jikalau bencana serupa terjadi kembali.

Harga tiket masuk museum untuk anak-anak sebesar Rp2.000, remaja Rp3.000, serta dewasa dan turis Rp10.000. Waktu operasional Museum Tsunami buka setiap hari pukul 09.00 hingga 16.00. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat