visitaaponce.com

Bentuk Khatamun Nubuwah atau Tanda Kenabian pada Rasulullah SAW

Bentuk Khatamun Nubuwah atau Tanda Kenabian pada Rasulullah SAW
Tulisan Arab Muhammad SAW.(DOK Instagram.)

IMAM Tirmizi meriwayatkan banyak hadis tentang fisik Nabi Muhammad SAW. Salah satunya tentang khatamun nubuwah atau cap/tanda kenabian pada diri beliau.

Berikut hadis-hadis tentang khatamun nubuwah. Ini dituliskan Imam Tirmizi dalam kitabnya Syamail Muhammadiyah. 

Hadis pertama khatamun nubuwah

"Aku pernah melihat khatam (kenabian). Ia terletak antara kedua bahu Rasulullah SAW. Bentuknya seperti sepotong daging berwarna merah sebesar telur burung dara."

Diriwayatkan oleh Sa'id bin Ya'qub at Thalaqani dari Ayub bin Jabir dari Simak bin Harb yang bersumber dari Jabir bin Samurah RA.

Hadis kedua khatamun nubuwah

"Apabila Ali k.w. menceritakan sifat Rasulullah SAW, ia akan bercerita panjang lebar. Dan ia akan berkata, 'Di antara kedua bahunya terdapat khatam kenabian', yaitu khatam para Nabi."

Baca juga: Lima Hadis Ceritakan Bentuk Tubuh Nabi Muhammad SAW

Diriwayatkan oleh Ahmad bin Ubadah ad Dlabi Ali bin Hujr dan lainnya. Mereka menerima dari Isa bin Yunus dari Umar bin Abdullah dari Ibrahim bin Muhammad yang bersumber dari salah seorang putra Ali bin Abi Thalib KW.

Hadis ketiga khatamun nubuwah

Dalam suatu riwayat, Alba' bin Ahmar al Yasykuri mengadakan dialog dengan Abu Zaid Amr bin Akhthab al Anshari RA. Abu Zaid berkata, "Rasulullah saw bersabda kepadaku, 'Wahai Abu Zaid mendekatlah kepadaku dan usaplah punggungku.'" Maka punggungnya kuusap dan terasa jari jemariku menyentuh khatam. Aku (Alba' bin Ahmar al Yasykuri) bertanya kepada Abu Zaid, 'Apakah Khatam itu?' Abu Zaid menjawab, "Kumpulan bulu-bulu."

Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar dari Abu Ashim dari Uzrah bin Tsabit yang bersumber dari Alba' bin Ahmar al Yasykuri.

Ia mengatakan kumpulan bulu-bulu karena ia hanya dapat merasakan dengan rabaan tangan. Dengan kata lain, ia tidak melihat dengan mata kepala. Jadi yang dikatakan itu hanya berdasar rabaan belaka. Yang teraba olehnya ialah bulu yang tumbuh di sekitar khatam. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat